Kompas TV nasional peristiwa

Hari Ini Ada Aksi 411, Sejumlah Jalan Ditutup, Ini Rekayasa Lalu Lintas dari Polda Metro Jaya

Kompas.tv - 4 November 2022, 06:24 WIB
hari-ini-ada-aksi-411-sejumlah-jalan-ditutup-ini-rekayasa-lalu-lintas-dari-polda-metro-jaya
Rekayasa jalan hari ini di Jakarta imbas demo (Sumber: TMC Polda Metro )
Penulis : Dedik Priyanto | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Hari ini, Jumat (4/11/2022), ada sejumlah aksi massa yang digelar di DKI Jakarta. Mulai dari aksi demo 411 di Jakarta Pusat dan aksi demo buruh yang rencananya berpusat di arah Jakarta Selatan. 

Polda Metro Jaya memberlakukan rekayasa lalu lintas. Masyarakat pun diimbau mencari jalur alternatif lantaran sejumlah jalan ditutup dan dialihkan. 

Dirlantas Polda Metro Jaya Kombes Latif Usman mengatakan, rekayasa lalu lintas dilakukan seiring adanya aksi demonstrasi yang akan digelar hari ini. 

Khusus di kawasan Istana Negara, Jakarta Pusat, yang bakal jadi pusat demo oleh ormas Islam mengatasnamakan Gerakan Nasional Pembela Rakyat (GNPR) dalam aksi 411, sejumlah ruas jalan menuju Istana Negara dan di sekitar Monumen Nasional (Monas) akan ditutup.

"Pada hari Jumat, 4 November 2022, Ditlantas Polda Metro Jaya memberlakukan alih arus seputar Istana Negara dalam rangka kegiatan penyampaian pendapat di seputaran Istana Negara," kata Latif dalam keterangannya, Kamis (3/11/2022).

Menurut Latif, rekayasa lalu lintas di kawasan Istana Negara dan Monas akan mulai dilakukan oleh petugas di lapangan pada pukul 10.00 WIB.

 "Dimulai pukul 10.00 sampai dengan selesai. Diimbau bagi pengguna jalan agar mencari jalur alternatif lain," kata Latif.


Baca Juga: GNPR Gelar "Aksi 411" Besok, Tuntut Harga BBM Diturunkan dan Jokowi Mundur

Rekayasa Jalan Hari ini Imbas Demo 

Adapun dalam pengumuman yang disampaikan Ditlantas melalui akun resmi Instagram @TMCPoldaMetro, Jalan Medan Merdeka Barat dari dan menuju Istana Negara akan ditutup.

Arus lalu lintas dari arah Bundaran Hotel Indonesia (HI) akan diarahkan menuju Jalan Kebon Sirih. Kendaraan dari kawasan Kebon Sirih menuju Patung Kuda pun akan diluruskan ke Tugu Tani.

 Selain itu, arus lalu lintas dari Jalan Ridwan Rais menuju Jalan Medan Merdeka Selatan akan diluruskan menuju Jalan Medan Merdeka Timur.

Latif lantas enyebutkan, bahwa kepolisian juga akan menutup Jalan Majapahit dan Jalan Medan Merdeka Utara yang berada tepat di sebelah Istana Negara.

"Arus lalu lintas dari arah Jalan Raya Hayam Wuruk menuju Jalan Majapahit atau Jalan Medan Merdeka Utara dialihkan ke Jalan Juanda atau ke Jalan Suryopranoto," kata Latif.

"Kemudian lalu lintas dari arah Jalan Abdul Muis menuju Jalan Gajah Mada (via Jalan Majapahit) dialihkan ke Jalan Tanah Abang Satu," sambung dia.

Larif menambahkan, Jalan Veteran I, Veteran II, dan Veteran III juga ditutup. Arus lalu lintas dari arah Jalan Medan Merdeka Timur menuju Medan Merdeka Utara pun dialihkan ke Jalan Perwira.



Sumber : Kompas TV/Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x