Kompas TV internasional kompas dunia

Mantan PM Pakistan Imran Khan Ditembak saat Pawai Tuntut Pemilu Digelar Lebih Awal

Kompas.tv - 3 November 2022, 20:54 WIB
mantan-pm-pakistan-imran-khan-ditembak-saat-pawai-tuntut-pemilu-digelar-lebih-awal
Dalam foto yang dirilis oleh partai mantan Perdana Menteri Pakistan Imran Khan, Pakistan Tehreek-e-Insaf, Khan terlihat berbaring setelah terluka dalam insiden penembakan di Wazirabad, Pakistan, Kamis, 3 November 2022. (Sumber: Associated Press Photo)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

ISLAMABAD, KOMPAS.TV - Mantan Perdana Menteri (PM) Pakistan Imran Khan terluka usai ditembak orang tak dikenal saat sedang melakukan pawai untuk menuntut pemilihan umum (pemilu) digelar lebih awal, Kamis (3/11/2022). 

Dilansir dari Associated Press, menurut pihak kepolisian dan partai pimpinan Khan, seorang pria bersenjata melakukan penembakan ke truk kampanye yang mengangkut mantan PM tersebut. 

Dalam insiden itu, sembilan orang terluka dan setidaknya satu orang yang merupakan pendukung Imran Khan, tewas. 

Sementara itu, pejabat partai Tehreek-e-Insaf, Asad Umar, mengatakan Imran Khan diketahui dalam kondisi stabil dan mengalami luka yang tidak parah di kakinya. 

“Dia dibawa ke rumah sakit di Lahore, tetapi dia tidak terluka parah. Sebuah peluru mengenai kakinya,” kata Umar kepada media. 

Identitas pria bersenjata, yang ditangkap di tempat kejadian, belum diketahui. Juga tidak ada kelompok yang mengaku bertanggung jawab atas penembakan itu.

Serangan itu menimbulkan kekhawatiran baru tentang meningkatnya ketidakstabilan politik di Pakistan.


Baca Juga: AS Akhirnya Bebaskan Tawanan Tertua Kamp Guantanamo Diduga Terlibat Al-Qaeda, Pulangkan ke Pakistan

Sejak penggulingannya melalui mosi tidak percaya di Parlemen pada bulan April, Khan telah mampu memobilisasi unjuk rasa massal di seluruh negeri, di mana ia telah menggerakkan orang banyak dengan klaim bahwa ia adalah korban konspirasi oleh penggantinya, Perdana Menteri Shahbaz Sharif, bersama Amerika Serikat.

Namun tuduhan tersebut dibantah oleh Shahbaz Sharif dan Washington. 

Menurut polisi, serangan pada Kamis terjadi di distrik Wazirabad di provinsi Punjab Timur di mana Khan bepergian dengan konvoi besar yang terdiri dari truk dan mobil, menuju ibu kota Islamabad. 

Hal itu dilakukan sebagai bagian dari kampanyenya yang bertujuan memaksa pemerintah untuk mengadakan pemilu lebih awal. 

Di antara yang terluka dalam insiden penembakan itu adalah Faisal Javed, seorang anggota parlemen dari Tehreek-e-Insaf. 



Sumber : Associated Press


BERITA LAINNYA



Close Ads x