Kompas TV nasional rumah pemilu

Mengapa Duet Ganjar dan Ridwan Kamil Dinilai sebagai Capres-Cawapres yang Potensial di Pilpres 2024?

Kompas.tv - 2 November 2022, 14:45 WIB
mengapa-duet-ganjar-dan-ridwan-kamil-dinilai-sebagai-capres-cawapres-yang-potensial-di-pilpres-2024
Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kiri) dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kanan) saat menjadi pembicara dalam acara gelar wicara Diseminasi Nasional Solo, di Pura Mangkunagaran, Surakarta, Jumat (28/10/2022). (Sumber: jatengprov.go.id)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS TV - Politikus PAN Bima Arya sempat berceloteh kalau Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil merupakan pasangan capres-cawapres yang memiliki potensial di Pilpres 2024 mendatang. 

Menanggapi hal itu, Analis politik dari Voxpol Center Research and Consulting Pangi Syarwi Chaniago mengakui bila kedua tokoh itu berpotensi memenangkan gelaran pesta demokrasi nanti bila dijodohkan. 

Baca Juga: Bima Arya: Ganjar dan Ridwan Kamil Bisa Diduetkan pada Pilpres 2024 Asal Tiga Partai KIB Menerima

Menurut dia, Ganjar adalah capres yang memiliki elektabilitaas tinggi dan Ridwan Kamil adalah cawapres yang paling banyak diminati masyarakat. 
 
"Duet ini Ganjar-Ridwan Kamil termasuk capres-cawapres yang potensial Pilpres 2024. Mereka capres-cawapres yang potensial," kata Pangi kepada KOMPAS.TV, Rabu (2/11/2022). 

Ia menilai keduanya merupakan dari klaster kepala daerah yang memiliki lumbung elektoral cukup tinggi. 

"Jawa Barat dan Jawa Tengah adalah kunci, bagaimana pun Jawa adalah kunci penentu peta elektoral Pilpres 2024," ujarnya. 

Selain itu, kata Pangi, Ganjar dan Ridwan Kamil termasuk gubernur yang sangat aktif berselancar dengan media sosial. Lalu, basis pemilih mereka cukup besar dari ceruk pemilih milenial dan anak muda.

Di samping itu Ganjar juga moncer elektabilitasnya sebagai capres, sementara Ridwan Kamil punya modal elektabilitas yang cukup mumpuni sebagai cawapres.

"Namun Ridwan Kamil memiliki kelemahan belum bisa membawa partai. Pilpres harus punya modal logistik, ini menurut saya juga menjadi kelemahan dua sosok pasangan Ganjar-Ridwan, pilpres butuh anggaran yang high cost, enggak bisa dari kaum dhufa, ini adalah realitas dan fakta politik," katanya. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.