Kompas TV feature food story

Merapah Khazanah Kuliner Bukittinggi - FOOD STORY (3)

Kompas.tv - 22 Oktober 2018, 15:30 WIB
Penulis : edika ipelona | Editor : I Wayan Gede Astaphala

Bukittinggi dikenal sebagai surganya makanan enak. Berbagai hidangan yang lamak bana ada di kota ini. Di Pasar Atas yang terletak persis di jantung kota Bukittinggi, Foodlover bisa menjumpai banyak penjual Nasi Kapau. Berbagai macam lauk tersedia, mulai dari Dendeng, Gulai, Rendang, Pangek Ikan dan yang tak boleh ketinggalan lauk khas dari Nasi Kapau yaitu Tambusu. Tambusu adalah usus sapi yang diisi campuran telur dan santan. Saat di Pasar Atas, jangan lewatkan juga untuk mencicipi Pisang Kapik. Pisang bakar yang dipenyet sampai tipis dengan tambahan kelapa gula.

Destinasi wajib lainnya saat di Bukittinggi adalah Ngarai Sianok dan mencicipi Itiak Lado Mudo. Daging bebek diolah dengan berbagai macam bumbu serta cabai hijau giling dan dimasak dengan kayu bakar.

Bukittinggi punya olahan susu kerbau yang difermentasi secara alami dan tradisional yang biasa disebut Dadiah. Benoe melihat proses pembuatan Dadiah dari mulai memeras susu kerbaunya. Dan tentu saja, Benoe juga mencicipi Dadiah yang disajikan dalam bentuk Es Ampiang Dadiah.

Benoe akan memasak Pangek Ikan Mas bersama chef hotel Novotel Bukittinggi. Selain itu chef juga akan membuat Kue Bongko khusus buat Benoe. Wah, bikin penasaran kan bagaimana kelezatan kuliner Bukittinggi?



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x