Kompas TV nasional politik

Tergusur dari BURT DPR, Johan Budi Digantikan Pengusaha Muda asal Semarang Dede Indra Permana

Kompas.tv - 2 November 2022, 06:53 WIB
tergusur-dari-burt-dpr-johan-budi-digantikan-pengusaha-muda-asal-semarang-dede-indra-permana
Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad menetapkan Anggota DPR RI Dede Indra Permana menjadi  Pimpinan BURT DPR RI, mengantikan Wakil Ketua BURT sebelumnya Johan Budi di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (1/11/2022).(Sumber: dpr.go.id)
Penulis : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV- Wakil Ketua DPR RI Sufmi Dasco Ahmad menetapkan Anggota DPR RI Dede Indra Permana menjadi  Pimpinan Badan Urusan Rumah Tangga (BURT) DPR RI.

Dede mengantikan Wakil Ketua BURT sebelumnya Johan Budi yang dipindahkan ke Badan Legislasi (Baleg). Penetapan tersebut menurut Dasco, sesuai dengan surat dari pimpinan Fraksi PDI Perjuangan nomor 178 F-PDI Perjuangan/DPR RI/10/2022 kepada pimpinan DPR, pada 12 Oktober 2022. 

Baca Juga: Fraksi PDIP Copot Johan Budi dari Posisi Wakil Ketua BURT


“Apakah usulan dari Fraksi PDI-Perjuangan ini dapat disetujui? tanya Dasco, saat memimpin rapat BURT, di Gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (1/11/2022). “Setuju”, jawab pimpinan dan anggota BURT DPR yang hadir diruang rapat BURT, dikutip dari laman resmi DPR. 


Usai pernyataan persetujuan, Dasco langsung mengetukkan palu sebagai tanda sahnya pergantian pimpinan BURT DPR sekaligus menyerahkannya kepada Pimpinan BURT yang baru. Usai penetapan pula, kepada wartawan Dede Indra Permana menegaskan bahwa pihaknya akan meneruskan program-program yang telah dicanangkan sebelumnya oleh pimpinan BURT yang lama. 

 
“Namun, Kalau ada yang perlu dievaluasi dan ditingkatkan tentunya kami akan lakukan untuk parlemen yang lebih modern. BURT akan mengawal kinerja DPR lebih baik,” ujarnya. Adapun Dede diketahui juga merupakan Anggota Komisi III DPR RI dan Legislator Dapil Jawa Tengah X. 

Dilihat dari lama resmi dpr,  Dede Indra adalah politikus muda PDIP asal Semarang, Jawa Tengah, yang juga pengusaha. Dia menjabat sebagai direktur di PT Sindoro Satria Mas sejak 2005 sampai sekarang. Dia juga menjabat sebagai Wakil Sekjen Himpunan Pengusaha Muda Indonesia periode 2019-2024.

Baca Juga: Johan Budi Ditunjuk PDIP Jadi Pimpinan BURT DPR

Sementara Johan Budi mengaku perpindahan posisi di AKD (Alat Kelengkapan Dewan) hal lumrah. "Itu kan biasa di semua fraksi, tidak hanya di PDI Perjuangan. Nah kemarin beberapa waktu yang lalu saya diminta oleh Ketua Fraksi untuk pindah ke Baleg. Karena menurut Ketua Fraksi, bahwa saya dibutuhkan di Baleg,” kata Johan di  Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Selasa (1/11/2022).



Sumber : Kompas TV/dpr.go.id

BERITA LAINNYA



Close Ads x