Kompas TV internasional kompas dunia

India Tangkap 9 Orang Menyusul Tewasnya 134 Orang Akibat Jembatan Ambruk

Kompas.tv - 31 Oktober 2022, 23:44 WIB
india-tangkap-9-orang-menyusul-tewasnya-134-orang-akibat-jembatan-ambruk
Tim penyelamat mencari korban yang masih tertinggal di sungai. Polisi di India barat hari Senin, (31/10/2022) menangkap sembilan orang saat mereka menyelidiki runtuhnya jembatan gantung berusia 143 tahun yang baru diperbaiki, menyusul salah satu kecelakaan terburuk di negara itu dalam beberapa tahun (Sumber: AP Photo)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

MORBI, KOMPAS.TV - Polisi di India barat, Senin (31/10/2022), menangkap sembilan orang dalam penyelidikan runtuhnya jembatan gantung berusia 143 tahun yang baru diperbaiki. Runtuhnya jembatan pada Minggu malam membuat ratusan orang ke jatuh sungai, menewaskan sedikitnya 134 orang.

Saat keluarga berduka atas kematian, perhatian beralih ke mengapa jembatan penyeberangan runtuh dan siapa yang mungkin bertanggung jawab.

Jembatan itu dibangun selama kolonialisme Inggris pada akhir 1800-an dan disebut-sebut oleh situs pariwisata negara bagian sebagai keajaiban artistik dan teknologi. Jembatan dibuka kembali hanya empat hari sebelumnya.

Inspektur Jenderal Ashok Yadav mengatakan polisi membentuk tim investigasi khusus, dan mereka yang ditangkap termasuk manajer operator jembatan, Oreva Group, dan stafnya.

"Kami tidak akan membiarkan yang bersalah lolos, kami tidak akan mengampuni siapa pun," kata Yadav, seperti dilansir Associated Press.

Baca Juga: Korban Tewas Jembatan Runtuh di India Terus Bertambah, Kini Mencapai 132 Orang

Jembatan ambruk di Gujarat, India, telah menyebabkan 81 korban tewas. Jembatan itu ternyata baru dibuka kembali sepekan lalu, setelah ditutup 6 bulan. (Sumber: AP Photo/Ajit Solanki)

Bulan Maret, pemerintah kota Morbi setempat memberikan kontrak 15 tahun untuk memelihara dan mengelola jembatan ke Oreva, sekelompok perusahaan yang terkenal terutama untuk membuat jam, zapper nyamuk, dan sepeda listrik.

Pada bulan yang sama, Oreva menutup jembatan, yang membentang di sebagian besar sungai Machchu, untuk perbaikan.

Jembatan diperbaiki beberapa kali di masa lalu dan banyak bagian aslinya telah diganti selama bertahun-tahun.

Dibuka kembali hampir tujuh bulan kemudian, pada 26 Oktober yang juga hari pertama Tahun Baru Gujarat, sekaligus bertepatan dengan musim festival Hindu, dengan atraksi menarik ratusan wisatawan.

Sandeepsinh Zala, seorang pejabat Morbi, mengatakan kepada surat kabar Indian Express bahwa perusahaan membuka kembali jembatan tanpa terlebih dahulu memperoleh "sertifikat kelayakan."

Baca Juga: Rupiah Bikin Heboh di India usai Politikus Ungkit Dewa Ganesha di Samping Ki Hajar Dewantara

Warga melayat di pinggir sungai dari jembatan yang ambruk. Polisi di India barat menangkap sembilan orang saat mereka menyelidiki runtuhnya jembatan gantung berusia 143 tahun yang baru diperbaiki, menyusul salah satu kecelakaan terburuk di negara itu dalam beberapa tahun. (Sumber: AP Photo)

Laporan tersebut belum diverifikasi secara independen, tetapi para pejabat mengatakan mereka sedang menyelidiki.

Pihak berwenang mengatakan struktur itu runtuh karena beban ratusan orang. Sebuah video keamanan dari bencana itu menunjukkan gempa itu berguncang hebat dan orang-orang mencoba berpegangan pada kabel dan pagar logamnya sebelum jalan aluminium itu ambruk dan jatuh ke sungai.



Sumber : Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x