Kompas TV internasional kompas dunia

Lokasi Itaewon: Gang Selebar 4 Meter Disesaki Puluhan Ribu Orang, Gelimpangan Massa

Kompas.tv - 30 Oktober 2022, 20:26 WIB
lokasi-itaewon-gang-selebar-4-meter-disesaki-puluhan-ribu-orang-gelimpangan-massa
Presiden Korea Selatan Yoon Suk-yeol mengunjungi lokasi kejadian insiden kerumunan berdesakan di kawasan Itaewon, Seoul, Minggu (30/10/2022). (Sumber: Han Sang-kyun/Yonhap via AP)

SEOUL, KOMPAS.TV - Korea Selatan dikejutkan dengan perayaan Halloween berujung peristiwa mematikan di kawasan hiburan malam Itaewon, Seoul, Sabtu (29/10/2022) malam tadi. Sentakan gelombang massa membuat ribuan orang berimpitan dan menimbulkan korban jiwa.

Seiring pelonggaran pembatasan Covid-19, puluhan ribu orang, kebanyakan kaum muda, memadati Itaewon untuk merayakan Halloween. Associated Press melaporkan, diperkirakan ada sekitar 100.000 orang yang memadati Itaewon saat malam tragis itu.

Itaewon sendiri merupakan titik perayaan Halloween paling populer di Korea Selatan. Kawasan ini dikenal dengan restoran-restoran dan tempat hiburan malam yang digandrungi kaum muda.

Akan tetapi, kawasan Itaewon hanya dihubungkan gang sempit, membuatnya penuh sesak pada malam khusus seperti perayaan Halloween.

Baca Juga: Kisah Korban Insiden Itaewon: Pamit ke Ibu untuk Kencan Terakhir sebelum Pacar Ikut Wajib Militer

Menurut laporan Yonhap, gang sempit yang menjadi tempat peristiwa tragis ini hanya selebar empat meter dengan permukaan menurun. Gang sepanjang 40 meter ini menghubungkan kawasan restoran yang sibuk.

Di kedua sisi gang, tembok hotel dan bangunan lain mengepung lorong, sehingga kerumunan hanya bisa bergerak maju atau mundur.

Gang sempit itu terhubung dengan jalan raya, tetapi hanya bisa dilintasi enam orang dewasa bersisian pada saat bersamaan. Saat insiden terjadi, rekaman kejadian menunjukkan massa membeludak di gang sempit tersebut.


 

Menurut keterangan saksi mata, suatu sentakan kuat "tiba-tiba" memicu gelombang massa yang bersesakan. Orang-orang berjatuhan "seperti domino", saling tindih, tak bisa bergerak ataupun bernapas.

Petugas pun kesulitan menembus lokasi kejadian karena ramainya kerumunan. Kondisi demikian diduga membuat banyaknya korban jiwa berjatuhan.

Per Minggu (30/10) otoritas terkait melaporkan korban jiwa akibat insiden di Itaewon mencapai 153 orang. Korban luka mencapai 103 orang.

Pemerintahan Korea Selatan sendiri telah menetapkan masa berkabung nasional hingga 5 November terkait insiden ini. Banyak festival yang sedianya digelar memperingati Halloween dibatalkan terkait insiden di Itaewon.

Baca Juga: Halloween Maut di Itaewon: Jumlah Korban Bertambah Jadi 153 Tewas, Termasuk 22 WNA



Sumber : Yonhap

BERITA LAINNYA



Close Ads x