Kompas TV nasional rumah pemilu

Bima Arya: Ganjar dan Ridwan Kamil Bisa Diduetkan pada Pilpres 2024 Asal Tiga Partai KIB Menerima

Kompas.tv - 30 Oktober 2022, 19:27 WIB
bima-arya-ganjar-dan-ridwan-kamil-bisa-diduetkan-pada-pilpres-2024-asal-tiga-partai-kib-menerima
Momen Wali Kota Bogor Bima Arya (tengah) menyebut Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil (kiri) dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (kanan) sebagai pasangan bakal capres dan cawapres Pilpres 2024 dalam acara gelar wicara Diseminasi Nasional Solo di Pura Mangkunagaran, Surakarta, Jawa Tengah, Jumat (28/10/2022). (Sumber: jatengprov.go.id)
Penulis : Nadia Intan Fajarlie | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Ketua DPP Partai Amanat Nasional (PAN) Bima Arya menyebut duet Ganjar Pranowo dan Ridwan Kamil pada pemilihan umum presiden (Pilpres) 2024 bisa terwujud jika tiga partai politik (parpol) di Koalisi Indonesia Bersatu (KIB) menerima.

Ia menyebut, Ganjar dan Emil, sapaan Ridwan, perlu memiliki aksesibilitas di tiga partai KIB, yakni PAN, Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan Partai Golongan Karya (Golkar).

"Dua nama ini (Ganjar dan Emil) kan hanya bisa digolkan ketika tidak saja unggul secara elektoral dan kapasitas, tapi juga memiliki akseptabilitas atau penerimaan di tiga partai, itu juga penting," ujar Bima dalam program Kompas Petang KOMPAS TV, Minggu (30/10/2022).

Ia mengatakan, sebagai bagian dari KIB, PAN masih harus berdinamika dengan dua partai lainnya.

Namun ia melihat bahwa sudah banyak anggota PPP yang mendeklarasikan Ganjar sebagai bakal calon presiden (capres) pada Pilpres 2024.

"Kami harus berdinamika dengan teman-teman di Golkar dan PPP, kalau di PPP sudah banyak yang deklarasi Ganjar," ungkapnya.

Baca Juga: Bima Arya: Nama Ganjar Pranowo Disebut-sebut di Internal KIB, Ridwan Kamil Masuk Radar Rakernas PAN

Bima juga menyampaikan bahwa Ganjar dan Emil wajar diusung oleh PAN sebagai pasangan capres dan cawapres pada 2024 mendatang karena keduanya masuk dalam sembilan nama yang diusung oleh PAN.

"Emil dan Ganjar adalah dua dari sembilan nama yang diusung oleh PAN untuk capres, jadi saya rasa wajar saja (dipasangkan -red), karena dua nama ini ada di puncak, Ganjar ada di nomor satu, sedangkan Ridwan Kamil ada di nomor empat," jelasnya.

Ia mengakui, dua nama itu muncul di internal PAN sebagai tokoh yang akan berkontestasi pada Pilpres 2024. 


Akan tetapi, ia mengatakan bahwa Emil bukan satu-satunya nama yang berpotensi akan diusung PAN sebagai cawapres pada Pilpres 2024.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x