Kompas TV internasional kompas dunia

Politisi Inggris Murka, Tuntut Penyelidikan atas Klaim Peretasan Telepon Liz Truss oleh Rusia

Kompas.tv - 30 Oktober 2022, 18:25 WIB
politisi-inggris-murka-tuntut-penyelidikan-atas-klaim-peretasan-telepon-liz-truss-oleh-rusia
Partai Buruh dan Partai Demokrat Liberal Inggris, Minggu (30/10/2022), menuntut penyelidikan independen atas peretasan telepon pribadi Liz Truss saat ia masih menjabat sebagai menteri luar negeri.(Sumber: Facebook/Liz Truss)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Edy A. Putra

LONDON, KOMPAS.TV - Partai oposisi Inggris, Partai Buruh dan Partai Demokrat Liberal, pada Minggu (30/10/2022), murka dan menuntut penyelidikan independen atas peretasan telepon pribadi Liz Truss saat ia masih menjabat sebagai menteri luar negeri (menlu).

Mereka juga menuntut penyelidikan atas pembocoran informasi peretasan tersebut ke sebuah surat kabar.

"Apakah ponsel Liz Truss diretas oleh Rusia, apakah ada pemadaman berita dan jika demikian mengapa?" kata juru bicara urusan luar negeri Demokrat Liberal, Layla Moran, seperti dilaporkan Associated Press, Minggu.

"Jika ternyata informasi ini disembunyikan dari publik untuk melindungi kampanye Liz Truss ke kursi perdana menteri, itu tidak bisa dimaafkan."

Juru bicara hukum dan ketertiban Partai Buruh, Yvette Cooper mengatakan, "cerita itu menimbulkan masalah seputar keamanan siber."

"Itulah alasan keamanan siber harus ditanggapi dengan sangat serius oleh semua orang di seluruh pemerintahan, termasuk peran negara-negara yang bermusuhan," katanya kepada Sky News.

"Tetapi juga tuduhan tentang apakah seorang menteri Kabinet menggunakan telepon pribadi untuk urusan pemerintah yang serius, dan pertanyaan serius tentang mengapa informasi atau cerita ini bocor sekarang," kata Cooper.

Pemerintah Inggris, Minggu, bersikeras punya keamanan siber yang kuat untuk pejabat pemerintah, setelah sebuah surat kabar melaporkan bahwa telepon mantan Perdana Menteri Liz Truss diretas ketika dia menjadi menlu.


Baca Juga: Media Inggris Sebut Telepon Pribadi Liz Truss Diretas Rusia, Satu Tahun Data dan Percakapan Diunduh

Partai Buruh dan Partai Demokrat Liberal Inggris, Minggu (30/10/2022), menuntut penyelidikan independen atas peretasan telepon pribadi Liz Truss. (Sumber: The Independent)

Mail on Sunday mengatakan peretasan itu ditemukan ketika Truss mencalonkan diri untuk menjadi pemimpin Partai Konservatif dan perdana menteri pada musim panas lalu.

Pelanggaran keamanan itu disebut dirahasiakan oleh Perdana Menteri Boris Johnson dan kepala layanan pegawai negeri.



Sumber : Kompas TV/Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.