Kompas TV internasional kompas dunia

Pelaku Pukuli Suami Ketua DPR AS Pakai Palu dan Teriak "Di Mana Nancy" Ungkap Horor Dunia Politik AS

Kompas.tv - 29 Oktober 2022, 22:55 WIB
pelaku-pukuli-suami-ketua-dpr-as-pakai-palu-dan-teriak-di-mana-nancy-ungkap-horor-dunia-politik-as
Polisi berdiri di atas jalan tertutup di luar rumah Paul Pelosi, suami Ketua DPR Nancy Pelosi, di San Francisco, Jumat, 28 Oktober 2022. Paul Pelosi, diserang dan dipukuli habis-habisan oleh seorang penyerang dengan palu yang masuk ke rumah mereka di San Francisco Jumat pagi. Di latar belakang adalah Piramida Transamerica. (Sumber: AP Photo/Eric Risberg)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

WASHINGTON, KOMPAS.TV — Terungkap horor saat terjadi penyerangan terhadap Paul Pelosi, suami Ketua Kongres atau DPR Amerika Serikat (AS) Nancy Pelosi yang berasal dari Partai Demokrat, Sabtu (29/10/2022).

Seperti dilaporkan Associated Press sebelumnya, Paul Pelosi menjadi korban serangan pada Jumat (28/10) pagi waktu setempat. Penyerang itu memukuli Paul Pelosi dengan palu dan berteriak, "Di mana Nancy?!!"

Hal itu diungkapkan oleh sumber anonim yang disebut mengetahui kasus serangan itu.

Nancy Pelosi sang Ketua DPR AS tengah berada di Washington saat suaminya diserang bertubi-tubi hingga terluka parah.

Pemukulan tersebut memunculkan pertanyaan tentang keselamatan pelaku politik AS di tengah ketegangan politik yang terjadi saat ini.

Membawa palu dan meninggalkan jejak pecahan kaca, seorang penyusup masuk ke rumah pasangan Paul dan Nancy Pelosi di San Francisco pada Jumat (28/10) pagi waktu AS. Sang penyusup kemudian berulang kali memukuli Paul Pelosi yang sudah uzur dan berusia 82 tahun dengan palu.

Paul menjalani operasi untuk memperbaiki retak tulang tengkorak dan cedera serius pada lengan dan tangan kanannya, dan dokter mengharapkan pemulihan penuh, kata kantor juru bicara Nancy Pelosi.

Pemanggilan nama Nancy Pelosi saat suaminya dipukuli bertubi-tubi adalah pertanda bahwa serangan itu bisa saja menargetkan ketua Kongres AS, yang berada di urutan kedua kursi kepresidenan setelah Wakil Presiden Kamala Harris.

Penyerangan berdarah itu adalah pengingat yang sangat mengerikan tentang ekstremisme yang menyebar melalui politik AS dalam beberapa tahun terakhir. Ini menambah firasat buruk terkait pemilihan umum sela pada 8 November yang hampir tiba.

Baca Juga: Ini Pelaku Penyerangan Suami Ketua DPR AS Nancy Pelosi, Kerap Unggah Teori Konspirasi di Medsos


Pengamat bersenjata mengintai kotak surat suara di Arizona untuk menjaga dari konspirasi palsu tentang penipuan pemilih. Ancaman terhadap anggota Kongres juga meningkat ke tingkat bersejarah.

Survei opini publik menunjukkan kekhawatiran akan demokrasi yang rapuh dan bahkan kekhawatiran akan perang saudara.

Mantan Presiden Donald Trump terus menyangkal ia kalah dalam pemilihan 2020 dari Presiden Joe Biden, dan para pembantunya berusaha untuk mengonsolidasikan kekuasaan mereka untuk pemilihan di masa depan.

Sebuah penilaian intelijen domestik terbaru dari Departemen Keamanan Dalam Negeri dan badan-badan lain mengatakan, para ekstremis yang dipicu oleh kebohongan pemilu "memunculkan ancaman yang terus meningkat" untuk paruh waktu mendatang.

Penilaian intelijen yang terbit hari Jumat itu mengatakan, bahaya terbesarnya adalah "yang ditimbulkan oleh satu-satunya pelanggar yang memanfaatkan isu-isu terkait pemilu untuk membenarkan kekerasan."

“Ini lebih buruk dari sebelumnya,” kata Cornell Belcher, seorang pelaku jajak pendapat Demokrat. "Ini adalah perairan yang belum dipetakan." Dan Belcher menyalahkan "pengarusutamaan perilaku dalam politik yang, baik kiri atau kanan, menjijikkan."



Sumber : Kompas TV/Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x