Kompas TV nasional sosial

Hadiah Ulang Tahun dari Butet untuk Ganjar, Lukisan Soekarno Berlatar Warna Merah

Kompas.tv - 29 Oktober 2022, 12:16 WIB
hadiah-ulang-tahun-dari-butet-untuk-ganjar-lukisan-soekarno-berlatar-warna-merah
Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mendapatkan hadiah ulang tahun dari seniman Butet Kartaredjasa, berupa lukisan bergambar presiden pertama RI, Soekarno. (Sumber: Pemprov Jateng)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Gading Persada

SOLO, KOMPAS.TV – Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo mendapatkan hadiah ulang tahun dari seniman Butet Kartaredjasa, berupa lukisan bergambar presiden pertama RI, Soekarno.

Butet menyerahkan hadiah tersebut saat bertemu Ganjar di acara Rhapsody Nusantara, yang dihelat di Diamond Solo Convention Center, Jumat (28/10/2022) malam.

Mengutip keterangan tertulis Pemprov Jawa Tengah, Sabtu (29/10), Butet secara khusus mengundang Ganjar untuk naik ke atas panggung.

Ia ingin memberikan hadiah ulang tahun kepada Ganjar.

“Saya meski seniman miskin, saya kasih hadiah mau gak? Mas Ganjar saya minta naik ke atas panggung. Silakan dibuka hadiahnya,” ujar Butet.

Baca Juga: "Jodohkan" Ganjar dan Ridwan Kamil di Pilpres, Bima Arya: Berbeda tapi Saling Melengkapi

Ternyata, hadiah yang diberikan oleh Butet adalah lukisan Soekarno dengan latar merah. Pada bagian atas tertulis sebuah kalimat “Warisilah Apinya, Jangan Abunya”.

Lukisan tersebut merupakan salah satu koleksi Butet yang dipajang di rumahnya.

Beberapa hari sebelumnya, Ganjar pernah melihat langsung lukisan itu dan berfoto bersama Butet di depan lukisan.

“Ini lukisan yang disukai Mas Ganjar waktu main ke rumah seminggu lalu,” ujar Butet.

Ganjar juga sempat menanggapi hadiah lukisan yang diberikan Butet Kartaredjasa.


 

Ia menceritakan saat main ke rumah Butet Kartaredjasa di Jogja beberapa waktu lalu memang ada sejumlah lukisan yang membuatnya tertarik. Salah satunya adalah lukisan Soekarno itu.

“Ada beberapa lukisan yang menarik, salah satunya lukisan Bung Karno. Saya bilang lukisan ini bagus sekali ya.”

“Dan ada lagi satu lagi lukisan yang saya naksir, yaitu lukisannya Kapolri zaman dulu, Pak Hoegeng. Jadi lukisan itu Pak Hoegeng mengecat Pak Hoegeng. Pak Hoegeng yang dicat itu adalah Kapolri dan belum tuntas. Filosofinya dalam banget itu,” tutur Ganjar.

Baca Juga: Bentangkan Poster Ganjar, FX Hadi: Ini Hanya Ucapan Ulang Tahun, Bukan Dukungan Politik

Selain Butet, seniman lain, yakni Christine Hakim juga hadir di acara itu. Ia membacakan sebuah puisi karya WS Rendra. Usai membaca puisi, ia kemudian menyapa Ganjar dan memberikan ucapan selamat ulang tahun.

“Izinkan saya untuk mengucapkan selamat ulang tahun, kepada Bapak Gubernur, Pak Ganjar.”

“Semoga Pak Ganjar diberikan umur yang panjang, umur yang barokah. Dan semoga Pak Ganjar selalu disayangi dan dikasihi Allah, selalu dibimbing dan dituntun Allah, dan selalu menjadi pemimpin yang amanah,” kata Christine Hakim.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x