Kompas TV nasional politik

Bicara soal Capres, Jusuf Kalla Jelaskan Sejumlah Kriteria Sosok yang Patut Dapat Dukungan

Kompas.tv - 29 Oktober 2022, 06:54 WIB
bicara-soal-capres-jusuf-kalla-jelaskan-sejumlah-kriteria-sosok-yang-patut-dapat-dukungan
Wakil Presiden RI Ke-10 dan ke-12 Jusuf Kalla (JK) bicara soal Capres 2024 (Sumber: kompas.com/kristianto purnomo)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV – Mantan Wakil Presiden (Wapres) RI, Muhammad Jusuf Kalla (JK), menyebut sejumlah kriteria Calon Presiden (capres) RI yang patut didukung dalam Pemilihan Umum (Pemilu) 2024.

Kriteria tentang capres dan cawapres tersebut disampaikan oleh JK setelah makan malam pada perayaan ulang tahun ke-70 Kalla Group, di Kempinski Grand Ballroom, Jumat (28/10/2022) malam.

Setidaknya, kata JK, ada empat kriteria calon presiden dan wakil presiden yang patut didukung.

Pertama, kata JK, kriteria pemimpin harus dapat membawa bangsa ini maju, makmur, dan adil. 

Selanjutnya, memiliki kemamuan leadership atau kepemiminan yang kuat.

"Punya leadership yang kuat, punya kemampuan leadership. Punya pengalaman, Kalau tidak punya pengalaman juga tidak bisa," tuturnya dikutip dari laporan tim jurnalis Kompas TV, Vedrizqa Ananda dan Yanuar Ruslim.

Baca Juga: Tiba di Bandara Soetta, Jenazah Prof Azyumardi Azra Disambut Jusuf Kalla dan Mensesneg

Kriteria lain menurut JK adalah harus bisa kerja, memiliki pengetahuan yang baik, memiliki pengalaman, dan rekam jejak atau track record yang baik pula.

Dalam perayaan ulang tahun ke-70 Kalla Group itu, terlihat sejumlah tokoh nasional yang hadir, seperti Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan, Menteri BUMN, Erick Thohir, dan mantan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan.


Selain itu hadir pula Suharso Monoarfa (Menteri Bappenas), mantan menteri BPN ATR Sofyan Djalil, mantan menteri luar negeri M Facri, Sofyan Wanandi, Johnny Darmawan, Aksa Mahmud, Ahmad Kalla, dan lainnya.

Saat mengawali sambutannya, JK menjelaskan bahwa acara ulang tahun Kalla Group biasanya digelar di Makassar.

Baca Juga: Waketum Golkar Erwin Aksa Yakin Jusuf Kalla Tak Dukung Anies Baswedan di Pilpres 2024

"Seperti yang Solihin bilang tadi, inilah kali pertama acara ulangtahun Kalla dan Bukaka dibikin di Jakarta. Biasanya selalu di Makassar dan sederhana," ujar Jusuf Kalla, dikutip dari Tribun-timur.com.

Sebelum Jusuf Kalla, Ihin didaulat memberi sambutan. Dia membacakan sekelumit tokoh perintis, sejarah, rintisan, dan pencapaian kelompok usaha dari kampung Bukaka, Watampone, ibu kota kabupaten berjarak 215 km dari Makassar.



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x