Kompas TV regional berita daerah

Kasus Gagal Ginjal Akut di Banda Aceh Capai 12 Kasus, 10 Orang Meninggal Dunia

Kompas.tv - 28 Oktober 2022, 15:23 WIB
Penulis : KompasTV Aceh

BANDA ACEH, KOMPAS.TV - Terdapat 12 kasus gagal ginjal akut misterius di kota Banda Aceh, 10 diantaranya meninggal dunia dan dua anak lainnya sembuh. Antisipasi melonjak kembali kasus, Dinas Kesehatan Kota Banda Aceh menghimbau untuk menghentikan pemberian obat sirup untuk anak, sampai ada penelitian lanjutan dari Kementerian Kesehatan.  

Namun sejak keluarnya surat edaran dari Kementerian Kesehatan tentang daftar obat sirup yang telah dinyatakan aman untuk dikonsummsi kembali. Warga diminta untuk tidak panik karena tenaga kesehatan dan fasilitas kesehatan sudah bisa meresepkan kembali 156 jenis obat sirup yang sudah dinyatakan aman dari zat pelarut tambahan oleh BPOM.

Sejumlah obat yang dinyatakan aman mulai di distribusikan oleh Dinas Kesehatan Banda Aceh untuk warga. Begitu juga dengan sejumlah jenis obat obatan yang sudah diperbolekan oleh BPOM itu ke fasilitas kesehatan seperti rumah sakit dan Puskesmas, untuk pencegahan peningkatan kasus gangguan ginjal akut. Obat obatan itu, dipastikan tidak menggunakan propilen glikol, polietilen glikol, sorbitol atau gliserol dan aman diminum sepanjang digunakan sesuai aturan pakai.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x