Kompas TV nasional politik

Pakar Ingatkan Klaim Putri Candrawathi Korban Kekerasan Seksual Bisa Jadi Senjata Makan Tuan

Kompas.tv - 28 Oktober 2022, 07:14 WIB
pakar-ingatkan-klaim-putri-candrawathi-korban-kekerasan-seksual-bisa-jadi-senjata-makan-tuan
Ahli Psikologi Forensik Reza Indragiri dalam Kompas Petang KOMPAS TV, Senin (15/8/2022). (Sumber: Tangkapan layar KOMPAS TV)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Majelis hakim Pengadilan Negeri Jakarta Selatan menolak nota keberatan atau eksepsi Putri Candrawathi, terdakwa pembunuhan berencana Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J.

Dalam eksepsinya kuasa hukum Putri Candrawathi menilai bahwa JPU mengabaikan keterangan psikologi forensik tentang kondisi mental Putri atas dugaan kekerasan seksual yang terjadi di rumah Magelang.

Pakar Psikologi Forensik Reza Indragiri Amriel mengingatkan dugaan kekerasan seksual yang terus diperjuangkan Putri Candrawathi bersama kuasa hukummnya bisa menjadi senjata makan tuan.

Reza menilai tidak menutup kemungkinan hakim bisa berpendapat lain dengan klaim kekerasan seksual yang diperjuangkan Putri.

Baca Juga: Psikolog Forensik Reza Indragiri Sebutkan Kejanggalan Skenario Ferdy Sambo & Putri Candrawathi!

Pendapat tersebut ada yang bersifat positif agar dugaan tersebut diuji kebenaran atau bisa mengarah kepada hal yang memberatkan terdakwa. 

Menurut Reza, bisa saja hakim menilai klaim kekerasan seksual sebagai cara mempersulit proses persidangan. Semisal terdakwa memberikan informasi palsu, berbelit-belit atau mencoba menutupi kebenaran.

"Kalau penilaiannya sangat negatif seperti itu maka boleh jadi pengakuan atau klaim pelecehan seksual akan didasarkan sebagai pemberatan sanksi kepada terdakwa," ujar Reza saat dihubungi di KOMPAS TV di program Kompas Malam, Sabtu (22/10/2022).

Reza menambahkan dirinya juga masih tidak yakin Putri sebagai korban kekerasan seksual lantaran profil Putri bertentangan dengan korban kekerasan seksual. 

Baca Juga: Pengacara Putri Sambo Sebut Kantongi 4 Bukti Pelecehan Seksual, Simak Berikut Ini

Di sisi lain dalam surat dakwaan JPU telah menggambarkan Putri tahu persis tentang adanya rencana menghabisi nyawa Brigadir J.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x