Kompas TV nasional politik

Survei Litbang Kompas Sebut Citra Institusi Polri Terus Turun dalam 2 Tahun Terakhir

Kompas.tv - 28 Oktober 2022, 04:45 WIB
survei-litbang-kompas-sebut-citra-institusi-polri-terus-turun-dalam-2-tahun-terakhir
Ilustrasi polisi. (Sumber: Tribunnews.com)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Citra institusi Polri berada di titik terendah dalam dua tahun terakhir. Hasil jajak pendapat Litbang Kompas mengungkapkan, salah satu pemicunya adalah rentetan peristiwa yang menyeret Polri.

Survei Litbang Kompas diadakan pada 24 September sampai 7 Oktober 2022 dengan melibatkan 1.200 responden dari seluruh Indonesia.

Citra positif Polri pada Juni sebanyak 65,7 persen, dan kini merosot drastis menjadi 48,5 persen. Menilik kurun waktu dua tahun terakhir, penurunan citra Polri terus terjadi.

Baca Juga: Kapolda Metro Jaya Fadil Imran Minta Polantas Jaga Citra Polri

Pada Oktober 2021, misalnya, citra positif Polri ada di 77,5 persen dan menurun pada Januari 2022 menjadi 74,8 persen. Enam bulan kemudian, citra Polri semakin menurun menjadi 65,7 persen.

Menurut peneliti Litbang Kompas Rangga Eka Sakti, mayoritas publik masih belum melihat citra positif dari institusi Polri.

“Nah, tentu kita bisa lihat di dalam rata waktu seperti itu, ada peristiwa-peristiwa apa saja yang kira- kira bisa memantik,” ujarnya dalam program Sapa Indonesia Malam di Kompas TV, Kamis (27/10/2022).

Namun, ia tidak menampik ada paradoks kinerja Polri, termasuk fungsi penegakan hukum dan pengaman yang mendapat apresiasi positif dari masyarakat. Artinya, kinerja yang berkaitan langsung dengan masyarakat dinilai positif, namun tidak demikian dengan yang muncul di media massa dan media sosial.


 

Baca Juga: Beri Peringatan Keras Citra Polri Dipertaruhkan, Begini Kata Presiden Jokowi...

“(Penilaian) di media sosial, masyarakat tidak peka dengan kerja Polri yang sebenarnya di lapangan,” ucapnya.

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.