Kompas TV nasional peristiwa

Pistol Penodong Paspampres Siti Elina Disebut Tak Berproyektil, Magasin juga Terpisah

Kompas.tv - 26 Oktober 2022, 22:45 WIB
pistol-penodong-paspampres-siti-elina-disebut-tak-berproyektil-magasin-juga-terpisah
Sejumlah barang bukti yang dibawa perempuan pembawa pistol ke istana negara, ada pistol dan ponsel (Sumber: Kompas TV/istimewa)

JAKARTA, KOMPAS.TV - Penyidik Polda Metro Jaya mengungkapkan pistol tersangka Siti Elina yang ditodongkan ke arah personel pasukan pengamanan presiden (Paspampres) saat mencoba menerobos Istana Merdeka pada Selasa (25/10/2022) hanya berisi selongsong peluru dan tidak berproyektil.

"Di dalam magasin itu terdapat satu selongsong, artinya tanpa proyektil. Ini masih didalami, kita bekerja sama dengan Laboratorium Forensik Polri, apakah berfungsi atau tidak," kata Direktur Reserse Kriminal Umum Polda Metro Jaya Kombes Pol Hengki Haryadi di Jakarta, Rabu (26/10/2022), dilansir dari Antara.

Hengki juga mengatakan bahwa senjata api berjenis pistol FN dan magasinnya dalam keadaan terpisah saat disita dari tangan tersangka Siti Elina.

"Pada saat disita petugas dalam hal ini diamankan oleh Paspampres, diserahkan kepada polisi lalu lintas itu terpisah antara pistol dan magasin," kata Hengki.

Ia juga mengungkapkan bahwa tersangka diam-diam mengambil senjata api yang ternyata milik pamannya.

Baca Juga: Todong Paspampres di Ring 1 Istana Merdeka, Siti Elina Curi Pistol Milik Pamannya yang Pensiunan TNI

"Hasil pemeriksaan kami, senjata ini baru sehari diambil oleh yang bersangkutan secara diam-diam, yang ternyata ini milik pamannya, kemudian dibawa saat akan menerobos istana (Istana Merdeka)," ungkap Hengki yang disiarkan dalam program Breaking News KOMPAS TV, Rabu (26/10/2022).

Polisi menerangkan bahwa paman Elina merupakan seorang purnawirawan Tentara Nasional Indonesia (TNI).

Baca Juga: Polisi Ungkap Penerobos Istana Merdeka Siti Elina Ingin Bertemu Presiden Joko Widodo, Ini Tujuannya


"Pamannya iya TNI, pensiunan," tegas Kepala Bagian Bantuan Operasional Detasemen Khusus (Densus) 88 Antiteror Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) Kombes Aswin Siregar kepada wartawan dilansir dari Kompas.com

Selain pistol, petugas juga telah mengamankan sejumlah barang bukti, di antaranya, buku bacaan, surat tugas, lotion, pakaian, gas CO2, pelontar air soft gun, buku tabungan, dan tas dari rumah Elina di Jalan Kampung Mangga, Koja, Jakarta Utara.

Baca Juga: Pelaku Penerobos Istana Presiden, Siti Elina Disebut Pendiam dan Jarang Bertegur Sapa oleh Tetangga



Sumber : Kompas TV/Antara/Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.