Kompas TV nasional rumah pemilu

Dapat Sanksi Keras dari PDIP karena Dukung Ganjar, FX Rudy: Saya Komitmen terhadap Ibu Mega

Kompas.tv - 26 Oktober 2022, 14:59 WIB
dapat-sanksi-keras-dari-pdip-karena-dukung-ganjar-fx-rudy-saya-komitmen-terhadap-ibu-mega
FX Hadi Rudyatmo (Sumber: Kompas Regional)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS TV - Ketua DPC PDIP Kota Surakarta FX Hadi Rudyatmo atau FX Rudy menerima sanksi yang diberikan oleh DPP partai berlambang kepala banteng moncong putih itu kepada dirinya. 

Ia menyatakan, dirinya akan mematuhi keputusan Ketua Umum Megawati Soekarnoputri terkait sosok yang akan diusung PDIP dalam Pilpres 2024 mendatang. 

Baca Juga: FX Rudy Penuhi Panggilan DPP PDIP untuk Diminta Klarifikasi soal Dukungan ke Ganjar di Pilpres 2024

Diketahui, FX Rudy dijatuhi sanksi keras dan peringatan terakhir terkait pernyataannya mendukung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo sebagai capres di pesta demokrasi nanti.

"Yang pertama tentunya matur nuwun, terimakasih, atas konsolidasi dan klarifikasi yang dilakukan oleh DPP Partai, pak sekjen dan dewan kehormatan partai. Pada prinsipnya saya sebagai kader senior partai mempunyai prinsip sikap dan komitmen terhadap ketum PDI Perjuangan ibu Megawati Soekarnoputri, sehingga dengan sanksi yang diberikan kepada saya, sanksi keras dan terakhir itu pun saya terima dengan penuh tanggung jawab,” kata Rudy di Kantor DPP PDIP, Jakarta Pusat, Rabu (26/10/2022). 

Ia mengaku akan menjalankan tugas partai di daerahnya secara baik dan penuh tanggung jawab agar bisa memenangkan PDIP di Pemilu 2024. 

“Dan tugas-tugas saya ke depan adalah untuk memenuhi momentum pemenangan pemilihan legislatif dan pemilihan presiden seusai dengan apa yang diputuskan oleh ibu ketum yang diberi mandat oleh kongres partai, demikian dan terimakasih,” ujarnya. 


 

Sementara itu, Sekjen DPP PDIP Hasto Kristiyanto berbicara partai sebagai sebuah gerbong kereta api.

“Ada yang menganalogikan PDI Perjuangan bagaikan rangkaian gerbong kereta api dengan lokomotifnya untuk membawa Indonesia Raya kita."

“Berkaitan dengan Pilpres 2024, maka rangkaian gerbong ini dipimpin oleh sebuah lokomotif yang oleh keputusan kongres itu, berada di Ibu Megawati Soekarnoputri," katanya. 

Sebelumnya, Ketua Dewan Kehormatan PDIP Komarudin Watubun mengatakan, pihaknya memberikan sanksi keras dan terakhir kepada FX Rudy. 

Hal ini setelah yang bersangkutan memberikan pernyataan dukungan kepada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo untuk maju sebagai capres di Pilpres 2024.

"Bapak Rudy adalah kader senior, kita jatuhkan sanksi peringatan keras dan terakhir kepada saudara FX Hadi Rudyatmo," kaya Komarudin di Kantor DPP PDIP, Rabu (26/10/2022). 

Ia menjelaskan, hukuman itu diberikan setelah FX Rudy mengakui pernyataannya tersebut.

Baca Juga: Akibat Dukung Ganjar di Pilpres 2024, PDIP Beri Sanksi Keras ke FX Rudy

"Pemeriksaan kepada Pak Rudy agak sedikit lama karena sebagai kader senior dan teman seperjuangan, tapi dalam posisi ini saya harus tegas. Kita menjatuhkan sanksi." 

"Setelah dilakukan klarifikasi, saudara dinyatakan melanggar keputusan Kongres PDIP," katanya. 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x