Kompas TV tekno aplikasi

WhatsApp Eror Tak Bisa Kirim Pesan, 'WA Down' dan 'Telegram' Langsung Trending di Media Sosial

Kompas.tv - 25 Oktober 2022, 15:31 WIB
whatsapp-eror-tak-bisa-kirim-pesan-wa-down-dan-telegram-langsung-trending-di-media-sosial
Ilustrasi aplikasi Telegram. Saat layanan WhatsApp dilaporkan padam pada Selasa (25/10/2022) siang, Telegram menjadi trending di media sosial. (Sumber: Telegram)
Penulis : Ikhsan Abdul Hakim | Editor : Vyara Lestari

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Platform berbalas pesan WhatsApp dilaporkan mengalami gangguan atau eror pada Selasa (25/10/2022) siang. Pengguna dilaporkan tidak bisa mengirim atau menerima pesan via aplikasi tersebut.

Jejaring WhatsApp dilaporkan padam atau down mulai sekitar pukul 14.00 WIB. Banyak pengguna WhatsApp pun membahas padamnya layanan WhatsApp di media sosial, termasuk Twitter.

Baca Juga: Tak Hanya di Indonesia, WhatsApp Down Juga Terjadi di Negara-negara Ini

Berdasarkan pantauan Kompas TV, kata kunci WhatsApp menjadi topik yang trending di jagat Twitter Indonesia dengan lebih dari 631.000 twit per pukul 15.20 WIB. Frasa lain yang terkait seperti "WA Down" dan "Meta", perusahaan induk WhatsApp, juga trending.

Selain WhatsApp, kata "Telegram" juga trending tepat ketika layanan WhatsApp dilaporkan padam. Telegram sendiri merupakan salah satu pesaing WhatsApp dalam layanan pesan instan.

Sebagian pengguna Twitter memanfaatkan momentum ini untuk meledek padamnya layanan WhatsApp. Sebagian pengguna membanding-bandingkan layanan perpesanan besutan Meta itu dengan Telegram.

Menurut pendataan platform Downdetector oleh Ookla, terdapat peningkatan laporan pemadaman WhatsApp dalam kurun sejam terkini. Per pukul 14.03 WIB, terdapat 1.129 laporan pemadaman WhatsApp, jumlahnya naik hingga mencapai 8.279 laporan per 14.33 WIB.

Sementara itu, menurut pantauan Kompas TV, layanan Telegram tidak mengalami pemadaman ketika WhatsApp dilaporkan down. Pengguna Telegram masih bisa berkirim pesan per sore ini.

Meskipun demikian, layanan Telegram dilaporkan tak sepenuhnya aman dari gangguan, meskipun skalanya jauh lebih kecil dibanding WhatsApp. Menurut pendataan platform Downdetector oleh Ookla, terdapat 27 laporan pemadaman oleh pengguna Telegram per pukul 14.51 WIB.

Hingga berita ini diturunkan, belum ada penjelasan resmi dari Meta mengapa layanan WhatsApp sempat padam.


Baca Juga: WhatsApp Error Tak Bisa Kirim Pesan, Warganet Keluhkan WhatsApp Down

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.