Kompas TV feature news or hoax

Hoax Video Penjemputan Rizky Billar Oleh Ratusan Polisi - NEWS OR HOAX

Kompas.tv - 25 Oktober 2022, 14:00 WIB
Penulis : Anas Surya

KOMPASTV - Sempat beredar video dengan judul semua tak menyangka, baru saja Lesti pulang dari rumah sakit Rizky Billar langsung dijemput polisi, setelah laporan atas kasus KDRT oleh Lesti Kejora ke polres jakarta selatan beberapa waktu lalu. Terlihat pada foto awal video kolase Lesti menangis, dan diduga tangan Rizky Billar diborgol, dan terlihat juga sejumlah personel kepolisian tengah berjajar serta ada ayah dari Lesti Kejora endang mulyana.

Namun setelah dicek kebenarannya video dan narasi yang beredar adalah tidak benar atau hoaks.

Judul umpan klik atau klik bait pada foto awal tidak sama dengan isi video, pada video berisi pembacaan isi artikel dari beberapa media dan menggunakan gambar pratinjau atau thumbnail hasil suntingan dari beberapa foto dari media online.

Salah satu sumber foto yang digunakan dari detikhot memperlihatkan ayah Lesti Kejora Endang Mulyana, gambar kedua menggunakan foto yang terdapat pada video youtube mereka yang berjudul dede Lesti nangis terharu banget gara-gara dapet hadiah bajaj, sumpah bikin ngakak.

Dan ada juga gambar barisan polisi yang diambil dari tribun jabar dot id, yang membahas satbrimob polda jabar tengah membangun lapangan tembak di bukit jatiroke kecamatan jatinangor kabupaten sumedang untuk memfasilitasi dan meningkatkan keahlian menembak anggotanya.

Jadi video mengenai ratusan polisi datang menjemput Rizky Billar adalah informasi tidak benar atau hoaks.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.