Kompas TV internasional kompas dunia

Domba dan Kambing Penuhi Jalanan Kota Madrid, Namun Mereka Tidak Tersesat

Kompas.tv - 24 Oktober 2022, 02:05 WIB
domba-dan-kambing-penuhi-jalanan-kota-madrid-namun-mereka-tidak-tersesat
Penggembala menggiring ternak melalui pusat Madrid sambil menghidupkan tradisi nenek moyang: memindahkan ternak domba dari dataran tinggi ke dataran rendah (Sumber: Straits Times)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

MADRID, KOMPAS.TV — Suara mengembik dan lonceng sekitar 1.200 domba dan 200 kambing mengambil alih pusat kota Madrid pada hari Minggu (24/10/2022) pagi. Domba-domba "saba kota" ini bagian dari festival yang menciptakan kembali praktik pastoral memindahkan ternak ke tempat penggembalaan baru.

Associated Press, Minggu (23/10/2022), dalam laporannya menceritakan, para penggembala menggiring ternak itu melalui pusat kota Madrid sambil menghidupkan kembali tradisi nenek moyang, yakni memindahkan kawanan ternak dari dataran tinggi yang sejuk di musim panas ke padang rumput musim dingin di dataran rendah.

Madrid, ibu kota Spanyol yang ramai, selalu menjadi bagian dari jalur pertanian seluas 125.000 kilometer yang menutupi Semenanjung Iberia.

Sebagai bagian dari Festival Transhumance, penyelenggara melakukan pembayaran simbolis untuk hak menggunakan rute pengemudi yang melintasi ibu kota.

Pembayaran yang disajikan di balai kota Madrid dalam mata uang Spanyol abad pertengahan terdiri dari 50 maravedi, sebagaimana dinyatakan dalam perjanjian antara kota dan gembala yang dimulai pada tahun 1418.

Baca Juga: Viral Video Pria Menikah dengan Domba di Gresik, Anggota DPRD Minta Maaf

Penggembala menggiring ternak melalui pusat Madrid sambil menghidupkan tradisi nenek moyang: memindahkan ternak domba dari dataran tinggi ke dataran rendah. (Sumber: AP Photo/Paul White)

Kedekatan hewan-hewan tersebut membuat warga kota senang berkumpul untuk menyaksikan ritual yang tidak biasa itu.

Anak-anak mencoba menyentuh bulu merino yang lembut dari domba lokal Spanyol.

Hanya beberapa abad yang lalu, rute itu akan membawa mereka melalui pedesaan yang tenang, tetapi hari ini mereka melintasi beberapa area tersibuk di kota, termasuk Plaza Mayor, alun-alun utama Madrid, seperti dilansir Straits Times, Minggu (23/10/2022).

Banyak orang terkejut dengan pemandangan tak terduga di kota yang biasanya padat lalu lintas.

Baca Juga: Wow, Domba di Sudan Dihukum Penjara 3 Tahun setelah Seruduk Ibu-ibu hingga Tewas

Penggembala menggiring ternak melalui pusat Madrid sambil menghidupkan tradisi nenek moyang: memindahkan ternak domba dari dataran tinggi ke dataran rendah. (Sumber: AP Photo/Paul White)

Madrid menggelar festival ini sejak 1994, dan kota-kota kecil di Italia, Prancis, dan California mengadakan acara serupa.

Di Spanyol, metode pertanian modern menyebabkan berkurangnya praktik transhumance, yaitu perpindahan ternak musiman, menjadi hanya sekelompok kecil petani yang menjaga tradisi tetap hidup melalui asosiasi seperti Concejo de la Mesta, yang bertanggung jawab atas Festival Transhumance di Madrid.

Mereka mempromosikan transhumance untuk keuntungan seperti keberlanjutan, nilai budaya dan perlindungan lingkungan karena daerah yang dilalui oleh domba kurang rentan terhadap kebakaran hutan.

Menurut Asosiasi Transhumance and Nature, 52 keluarga melakukan praktik ini di Spanyol.



Sumber : Straits Times/Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.