Kompas TV feature tips, trik, dan tutorial

Tips Menyimpan Uang Kertas agar Tak Dimakan Rayap, Pakai Brankas hingga Kapur Barus

Kompas.tv - 23 Oktober 2022, 16:09 WIB
tips-menyimpan-uang-kertas-agar-tak-dimakan-rayap-pakai-brankas-hingga-kapur-barus
Kasus uang kertas senilai puluhan juta rupiah rusak karena dimakan rayap kembali terjadi. Kali ini dialami Raswiyanto, warga Madiun, Jawa Timur. (Sumber: Tangkapan layar Kompas TV)
Penulis : Kurniawan Eka Mulyana | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV – Dalam dua bulan terakhir, setidaknya sudah ada dua kasus uang kertas bernilai puluhan juta rupiah yang dimakan rayap saat disimpan di rumah. 

Terbaru, uang kertas senilai lebih dari Rp35 juta milik Raswiyanto, warga Madium, Jawa Timur, ludes dimakan rayap setelah disimpannya di lemari.

“Ceritanya, waktu itu saya habis menjual mobil, uang saya taruh di wadah snack kardus itu, terus saya taruh di atasnya kertas yang ada di almari,” kata dia, Minggu (23/10/2022), dikutip dari tayangan Kompas Siang KOMPAS TV.

“Tidak tahunya, lain waktu saya mau ambil, saya mau pindah ke tabungan ke bank, sudah hancur karena sebelum kami tumpuki kardus, di bawahnya rayapnya sudah ada,” tutur Raswiyanto.

Direktur Departemen Komunikasi Bank Indonesia (BI) Junanto Herdiawan menjelaskan, menyimpan uang kertas di celengan memang berisiko dimakan rayap.

"Iya, kalau disimpan (di celengan) kayak gitu memang risiko ya, karena uang kertas ini bahan dasarnya mengandung kertas sehingga perawatannya menjadi penting," ujar Junanto saat dihubungi Kompas.com, Jumat, 26 November 2021 lalu.

Agar tak mengalami kejadian seperti ini, ia mengingatkan agar celengan dalam keadaaan bersih saat dipakai untuk menyimpan uang kertas.

Celengan juga harus dalam keadaaan kering dan tidak lembab. Kondisi lembab bisa mengundang datangnya rayap. 

Baca Juga: Terjadi Lagi, Uang Puluhan Juta Ludes Dimakan Rayap, Pemilik: Ya Udah Ndak Apa-apa


"Apabila ingin menyimpan (tabungan) di rumah ya harus dijaga kebersihan dan kerapiannya, seperti kita menyimpan pakaian atau dokumen penting, tentu perlu disimpan di tempat yang bersih dan terjaga," ujar Junanto. 

Tips lain yang diberikannya adalah menyimpan uang kertas di tempat berbentuk boks yang menggunakan kunci.



Sumber : KOMPAS TV/Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x