Kompas TV internasional kompas dunia

Mengejutkan, Empat dari Tujuh Serangkai Pemimpin China Dicopot Jelang Masa Jabatan ke-3 Xi Jinping

Kompas.tv - 22 Oktober 2022, 19:32 WIB
mengejutkan-empat-dari-tujuh-serangkai-pemimpin-china-dicopot-jelang-masa-jabatan-ke-3-xi-jinping
Presiden China Xi Jinping (kanan) bersama Perdana Menteri Li Keqiang (tengah) dan anggota Komite Tetap Politbiro Wang Yang (kiri) saat upacara penutupan Kongres Partai Komunis China ke-20. Li Keqiang dan Wang Yang dicopot dan tidak ada di daftar terbaru jajaran pemimpin tertinggi Partai Komunis China dalam kongres hari Sabtu (22/10/2022). (Sumber: Straits Times)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

BEIJING, KOMPAS.TV - Empat dari tujuh pemimpin tertinggi yang berkuasa di China saat ini, termasuk Perdana Menteri Li Keqiang dan peringkat keempat Wang Yang, dicopot, Sabtu (22/10/2022). Perombakan besar yang mengejutkan dalam Kongres Partai Komunis China ini akan memungkinkan Presiden Xi Jinping mengelilingi dirinya dengan sekutunya. 

Seperti dilansir Straits Times, Sabtu (22/10), nama Li Keqiang maupun Wang Yang tidak muncul dalam daftar 20 anggota Komite Sentral Partai Komunis China CPC yang baru terpilih.

Kelompok pemimpin baru, berjumlah 205 anggota penuh dan 171 anggota pengganti, berasal dari anak tangga teratas partai, militer, dan pemerintah.

Baik Li Keqiang maupun Wang Yang telah mencapai usia pensiun. Keduanya masih berusia 67 tahun.

Pemimpin peringkat ketiga Li Zhanshu, 72, dan peringkat ketujuh Han Zheng, 69, juga keluar dari Komite Sentral yang baru, yang berarti mereka juga akan pensiun sepenuhnya. Mereka diharapkan untuk mundur.

Norma pensiun informal, lebih dikenal sebagai aturan "tujuh naik, delapan turun", menetapkan batas usia 67 tahun untuk anggota Komite Tetap dan Politbiro lama dan baru pada awal masa jabatan baru. Politisi berusia 68 tahun atau lebih, didiskualifikasi.

Baca Juga: Jelang Xi Jinping Bikin Sejarah, Mantan Presiden China Hu Jintao Tiba-Tiba Dibawa Keluar Kongres

Mantan Presiden China Hu Jintao dibawa keluar dari Kongres Partai Komunis China, Sabtu (22/10/2022), saat duduk di samping Presiden China Xi Jinping. Alasannya hingga saat ini masih belum diketahui. (Sumber: BBC)

Wang Yang tadinya diperkirakan akan mengambil alih Li Keqiang sebagai perdana menteri berikutnya. Sejauh senioritas berjalan, dia seharusnya berada di urutan berikutnya untuk pekerjaan perdana menteri.

Tradisi juga menyatakan, hanya mereka yang pernah menjadi wakil perdana menteri dan mampu mengelola ekonomi yang dapat diangkat menjadi perdana menteri.

Wang adalah wakil perdana menteri antara 2013 dan 2018, antara lain bertanggung jawab urusan perdagangan.

Anggota Komite Sentral akan memilih sekretaris jenderal partai dan anggota Politbiro dan Komite Tetapnya.

Mereka juga akan memilih anggota Komisi Militer Pusat, komando tinggi militer negara itu.

Ini akan terjadi pada sesi pleno pertama Komite Sentral yang baru, yang akan diadakan pada hari Minggu.

Baca Juga: Enam Petahana Anggota Inti Politbiro Partai Komunis China Turba Temui Konstituen

Presiden China Xi Jinping berpidato tanggal 16 Oktober 2022 di kongres ke-20 Partai Komunis China, dengan latar belakang petinggi dan tetua partai. (Sumber: AP Photo)

Anggota Komite Sentral dipilih pada hari Sabtu oleh sekitar 2.300 delegasi yang menghadiri kongres lima tahun sekali, yang mewakili 96 juta anggota Partai Komunis China (CPC).

Delegasi juga memilih anggota Komisi Pusat untuk Inspeksi Disiplin, lembaga pengawas anti-korupsi partai.

Berdasarkan daftar anggota yang baru terpilih, ketua partai Guangdong Li Xi – sekutu Xi – adalah kandidat yang paling mungkin untuk menjadi tsar anti-korupsi berikutnya, yang akan diumumkan pada hari Minggu pada pertemuan pertama Komite Sentral yang baru.



Sumber : Kompas TV/Straits Times

BERITA LAINNYA



Close Ads x