Kompas TV regional berita daerah

Warga Pantau Sungai Beringin Secara Manual

Kompas.tv - 21 Oktober 2022, 19:41 WIB

PEKALONGAN, KOMPAS.TV - Banjir bandang pada kamis sore (13/10) yang sempat menerjang Kelurahan Wonosari, Kecamatan Ngaliyan, Kota Semarang membuat warga harus meningkatkan kewaspadaan. Pasalnya 2 alat EWS atau Early Warning System yang biasa diandalkan untuk memantau kondisi sungai beringin harus dilepas untuk keperluan proyek normalisasi aliran sungai beringin.

 

Menyikapi hal ini warga pun mesti menggunakan cara-cara manual untuk tetap bisa memantau sungai beringin, seperti membentuk kelompok siaga bencana dan melakukan koordinasi antar posko aliran sungai beringin melalui sambungan Telepon dan Whatsapp. Selain warga juga menggunakan kentongan dan toa untuk mengingatkan warga jika terjadi banjir sewaktu-waktu.

 

Selain meningkatkan kewaspadaan, warga pun diajarkan membaca tanda-tanda peringatan dan cara menyelamatkan diri dari bencana. Saat ini warga berharap proyek normalisasi sungai dapat cepat diselesaikan, sehingga alat EWS atau Early Warning System dapat segera dipasang. Rencananya proyek normalisasi ditargetkan akan rampung pada akhir desember 2022.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x