Kompas TV internasional kompas dunia

6 Abad Pemerintahan Utsmaniyah Turki di Yunani Terungkap dari Manuskrip Kuno Biara Kristen Ortodoks

Kompas.tv - 21 Oktober 2022, 23:00 WIB
6-abad-pemerintahan-utsmaniyah-turki-di-yunani-terungkap-dari-manuskrip-kuno-biara-kristen-ortodoks
Dokumen kekhalifahan Utsmaniyah di Biara Pantokrator, Gunung Athos, Yunani utara. (Sumber: AP Photo/Thanassis Stavrakis)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Vyara Lestari

GUNUNG ATHOS, KOMPAS.TV — Lonceng gereja berbunyi, dentingan palu di papan memanggil para biksu untuk doa siang, dengan suara-suara yang dalam terdengar berkidung bersama.

Di atas menara Biara Pantokrator yang tinggi, pintu besi perpustakaan kuno biara itu terbuka.

Di sana, jauh di dalam biara berbenteng abad pertengahan di komunitas Kristen Ortodoks monastik Gunung Athos, para peneliti untuk pertama kalinya menemukan harta yang hampir tidak dikenal, yaitu ribuan manuskrip era Kesultanan Utsmaniyah Turki, termasuk yang tertua dari jenisnya di dunia.

Perpustakaan komunitas mandiri, didirikan lebih dari 1.000 tahun yang lalu di semenanjung Athos Yunani utara, adalah gudang karya langka berusia berabad-abad dalam beberapa bahasa termasuk Yunani, Rusia, dan Rumania.

Banyak yang telah dipelajari secara ekstensif, tetapi bukan dokumen Turki Utsmaniyah, produk dari birokrasi pendudukan yang memerintah Yunani utara dari akhir abad ke-14.

Kekhalifahan Utsmaniyah memerintah Yunani dan wilayah itu jauh sebelum ibu kota Bizantium, Konstantinopel, jatuh ke tangan Utsmaniyah tahun 1453 hingga awal abad ke-20 ketika daerah tersebut kembali menjadi Yunani.

Baca Juga: Pertempuran Karansebes: Kemenangan Termudah dalam Sejarah Kekhalifahan Utsmaniyah Turki

Pemandangan Biara Pantokrator di Gunung Athos, Yunani utara, pada Kamis, 13 Oktober 2022. Di dalam biara berbenteng abad pertengahan itu, para peneliti pertama kalinya menemukan harta tersembunyi, ribuan manuskrip era Utsmaniyah, termasuk yang tertua dari jenisnya di dunia. (Sumber: AP Photo/Thanassis Stavrakis)

Sarjana Bizantium Jannis Niehoff-Panagiotidis mengatakan tidak mungkin untuk memahami ekonomi dan masyarakat Gunung Athos di bawah pemerintahan Utsmaniyah tanpa berkonsultasi dengan dokumen-dokumen ini, yang mengatur hubungan para biarawan dengan otoritas sekuler.

"(Turki) Utsmaniyah adalah bahasa resmi negara," katanya kepada The Associated Press dari perpustakaan Biara Pantokrator, salah satu dari 20 biara di semenanjung yang berhutan lebat.

Niehoff-Panagiotidis, seorang profesor di Free University of Berlin, mengatakan, yang tertua dari sekitar 25.000 karya Ottoman yang ditemukan di perpustakaan monastik berasal dari tahun 1374, atau 1371.

Itu lebih tua dari yang dikenal di dunia, katanya, menambahkan bahwa di Istanbul, ketika Ottoman mengganti nama Konstantinopel ketika mereka menjadikan kota itu sebagai ibu kota mereka sendiri, arsip tertua hanya berasal dari akhir abad ke-15 atau sekitar tahun 1400 - 1499.

"Dokumen pertama yang menjelaskan (pada periode pertama sejarah Ottoman) disimpan di sini, di Gunung Athos," katanya, sambil duduk di meja yang dipenuhi dokumen dan buku.

Lainnya, yang lebih langka, disimpan di lemari kayu besar.

Di dalam lemari kayu besar itu termasuk titah, atau dekrit, akta kepemilikan dan keputusan pengadilan Sultan yang sangat berornamen.

Baca Juga: Kisah Sultan Mehmed II Penakluk Konstatinopel, Perluas Utsmaniyah dan Majukan Ilmu Pengetahuan

Salah satu manuskrip kuno masa kekhalifahan Utsmaniyah saat memerintah Yunani, di Biara Pantokrator, Gunung Athos, Yunani Utara. (Sumber: AP Photo/Thanassis Stavrakis)

"Sebagian besar adalah dokumen hukum," kata Anastasios Nikopoulos, ahli hukum dan kolaborator ilmiah dari Free University of Berlin yang telah bekerja dengan Niehoff-Panagiotidis dalam proyek tersebut selama beberapa bulan terakhir.

Manuskrip-manuskrip itu menceritakan sebuah kisah yang bertentangan dengan pemahaman tradisional di Yunani tentang tindak penghancuran Utsmaniyah di daerah-daerah yang baru ditaklukkan, melalui penyitaan kepemilikan real estat yang kaya di biara-biara Gunung Athos.

Sebaliknya, penguasa baru dari Kekhalifahan Utsmaniyah menempatkan komunitas itu di bawah sayap perlindungan mereka, mempertahankan otonominya dan melindunginya dari campur tangan eksternal.



Sumber : Kompas TV/Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x