Kompas TV nasional sosial

Harian Kompas Gelar Pameran NFT Mata Dasawarsa di Bali, Ada Arsip Halaman Muka Tahun 1965

Kompas.tv - 21 Oktober 2022, 07:13 WIB
harian-kompas-gelar-pameran-nft-mata-dasawarsa-di-bali-ada-arsip-halaman-muka-tahun-1965
Ekshibisi bertajuk Mata Dasawarsa Harian Kompas di Superlative Gallery, Bali pada 19 hingga 25 Oktober 2022. (Sumber: Dok. Harian Kompas)
Penulis : Johannes Mangihot | Editor : Iman Firdaus

JAKARTA, KOMPAS.TV - Harian Kompas menggelar ekshibisi bertajuk Mata Dasawarsa di Superlative Gallery, Bali pada 19 hingga 25 Oktober 2022. 

Pameran karya-karya non-fungible token (NFT) dari harian Kompas ini gratis dan terbuka untuk umum dengan membawa semangat bertransformasi di era digital sekaligus merawat nilai peristiwa penting yang terekam dalam arsip-arsip karya jurnalistik, harian Kompas sejak Juni 1965. 

Arsip Kompas dalam bentuk non-fungible token ini memberi kesempatan kepada publik untuk menemukan kembali dan memaknai ulang sejarah, sekaligus menjadi bagian dalam upaya merawat jurnalisme berkualitas. 

Project Lead NFT Kompas Helman Taofani menjelaskan pameran Mata Dasawarsa menyuguhkan karya pilihan NFT Kompas berupa arsip halaman muka dan foto-foto harian Kompas. 

Baca Juga: Intip Yuk! Pameran Foto Memoar Orang-Orang Singkawang dari Orde Lama ke Reformasi

Karya-karya tersebut diseleksi dari rilisan Narasi Fakta Terkurasi "Indonesia dalam 57 Peristiwa" dan Narasi Foto Terkurasi koleksi "Loka/Masa".

Dalam Indonesia dalam 57 Peristiwa yang diluncurkan sebagai NFT Kompas pertama menyajikan 57 halaman muka Harian Kompas pilihan dari setiap tahunnya, sejak berdiri pada 1965 hingga 2021.

"Indonesia dalam 57 Peristiwa" yang dihadirkan di jaringan blockchain Ethereum disambut publik dengan antusias dan sudah habis terkoleksi.

Sedangkan "Loka/Masa" yang dikeluarkan mulai September lalu berisi 57 foto karya fotografer harian Kompas yang diseleksi dari karya-karya foto pada rentang 2003 hingga 2018. 

Baca Juga: Investigasi Harian Kompas Temukan Dokter dan Bidan Pasarkan Susu Formula, Begini Alurnya



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x