Kompas TV regional berita daerah

Kwarda Sumatera Barat Gelar Apel Besar Hari Pramuka ke-61 di Kota Solok

Kamis, 20 Oktober 2022 | 09:47 WIB
kwarda-sumatera-barat-gelar-apel-besar-hari-pramuka-ke-61-di-kota-solok
Kwarda Sumatera Barat Gelar Apel Besar Hari Pramuka ke-61 di Kota Solok (Sumber: -)
Penulis : KompasTV Riau

Solok, Kwartir Daerah (Kwarda) Gerakan Pramuka Sumatera Barat menggelar Apel Besar Gerakan Pramuka Sumbar di Lapangan Merdeka Kota Solok, Rabu (19/10) pagi. Sebanyak 1500 Anggota Pramuka dari gugus depan yang berpangkalan di 70 sekolah se-Kota Solok serta 500 lebih anggota Pramuka Penegak dari 19 Kabuten Kota se-Sumbar turut hadir mengikuti Apel Besar ini.

Apel Besar ini sekaligus menjadi pembuka kegiatan Giat Prestasi Daerah (GPD) Pramuka Penegak Tingkat Sumbar di Taman Pramuka Pulau Belibis Kota Solok mulai tanggal 19 s/d 21 Oktober 2022 dalam rangka Puncak Peringatan Hari Pramuka ke-61 tingkat Sumbar.

Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy, selaku Ketua Kwarda Sumbar menjadi Pembina Apel. Turut hadir, Sekjen Kwartir Nasional, Bachtiar Utomo beserta rombongan, Ketua Pengakap (Pramuka) Negeri Sabah Malaysia, Nurman Bin Dato Dr. Awang Zaini beserta rombongan, Walikota Solok, Zul Elfian Umar selaku Kamabicab, Wakil Walikota Solok, Ramadhani Kirana Putra Selaku Ketua Kwarcab, Ketua Kwarcab se-Sumbar atau yang mewakili, Forkopimda Kota Solok dan tamu undangan lainnya.

Apel diawali dengan penghormatan kepada pembina apel dipimpin oleh pemimpin apel, Denovan Sergio dari DKC Kota Solok. Selanjutnya laporan pemimpin apel kepada pembina apel dilanjutkan dengan pengucapan naskah Pancasila, teks pembukaan UUD 1945, Dasa Dharma Pramuka.

Berlanjut prosesi penyerahan penghargaan dari Pengakap Negeri Sabah Malaysia, kepada Ketua Kwarda, Ketua Harian Kwarda Sumbar, Wakil Ketua Kwarda Sumbar, dan Kamabicab Kota Solok. Semua Penghargaan diserahkan langsung oleh Timbalan Ketua Pesuruhjaya Pengakap Negeri Sabah. Berikutnya Penganugrahan Tanda Pengargaan Gerakan Pramuka berupa Lencana Melati, Lencana Darma Bakti, Lencana Karya Bakti dan Lencana Teladan kepada 75 insan Gerakan Pramuka di Sumbar.

Ketua Kwarda Sumbar, Audy Joinaldy saat membacakan sambutan tertulis Ketua Kwartir Nasional Gerakan Pramuka Komjen Pol (Purn) Budi Waseso menyampaikan tema utama peringatan Hari Pramuka ke-61 dan semua kegiatan tingkat nasional pada tahun ini adalah “Mengabdi Tanpa Batas untuk Membangun Ketangguhan Bangsa”.

Pengabdian yang dilakukan adalah bagian dari pendidikan di dalam Gerakan Pramuka. Sejak usia Pramuka Siaga telah dididik untuk memberikan perhatian terhadap sesama, siap membantu orang lain yang membutuhkan pertolongan. Hal itu bisa dimulai dengan cara-cara sederhana, dan dilakukan di lingkungan keluarga masing-masing maupun di lingkungan masyarakat di sekitar tempat tinggal. Semua bentuk pengabdian yang dilakukan sejalan dengan Kode Kehormatan yaitu Dwi Satya dan Dwi Darma untuk Pramuka Siaga, serta Tri Satya dan Dasa Darma untuk golongan Pramuka lainnya.

Semua kode kehormatan Gerakan Pramuka menekankan pentingnya bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang antara lain diwujudkan dengan saling menolong dalam semangat persaudaraan tanpa membeda-bedakan suku, agama, ras, dan antar golongan.

Disampaikan juga bahwa bersamaan dengan peringatan Hari Pramuka ke-61 tahun ini, Kwartir Nasional Gerakan Pramuka juga menyelenggarakan Jambore Nasional (Jamnas) XI Tahun 2022 di Buperta Cibubur, pada 14 sampai 21 Agustus 2022, diikuti oleh kontingen dari seluruh Indonesia dengan tema ceria, berdedikasi, berprestasi. Tema ini diharapkan dapat diterapkan oleh semua anggota gerakan pramuka terutama adik-adik peserta didik dimanapun berada. Marilah tetap ceria dalam menjalin persaudaraan dengan sesama anak bangsa, selalu berdedikasi dalam semua aktifitas baik di sekolah, kampus, tempat pekerjaan maupun lainnya, dan berusaha mencapai prestasi sebaiknya dalam bidang-bidang yang ditekuni.

Selain itu, pada tahun ini juga, akan ada sejumlah kegiatan nasional lainnya diantaranya perkemahan Bakti Saka Bhayangkara (Pertikara) tingkat Nasional di Sumatera Selatan, Perkemahan Antar Satuan Karya (Peransaka) tingkat Nasional di Bangka Belitung, dan Perkemahan Bela Negara di Bengkulu.

“Khusus untuk Sumatera Barat dalam peringatan Hari Pramuka ke-61 Tahun 2022 dilaksanakan Giat Prestasi Daerah Pramuka Penagak Tingkat Kwarda 03 Sumbar yang akan kita mulai hari ini di Kota Solok. Selamat mengikuti lomba adik-adik Pramuka Penegak, jagalah kesehatan dan semoga sukses berprestasi dalam ajang GPD 2022,” pesan Ketua Kwarda menutup sambutannya.

Dari Taman Pramuka Pulau Belibis, GPD Tingkat Sumbar Tahun 2022 para Pramuka Penegak akan berkompetisi mengikuti perlombaan, antara lain, lomba cerdas cermat, lomba penyelenggaraan jenazah, lomba disain grafis, lomba repotrase, lomba PBB, lomba disain dan maket pionering, lomba merangkai bunga, dan lomba memasak.

Apel besar ditutup dengan penampilan tari kolosal dan atraksi kepramukaan dan diakhiri atraksi Marching Band oleh mahasiwa IPDN Kampus Sumatera Barat.

Dalam tampilan tersebut, menyuguhkan beragam tarian tradisi minangkabau dengan tema baralek gadang, melibatkan 250 pelajar SLTP dikombinasikan dengan atraksi pramuka penggalang membangun pionering menara pandang dan tenda gantung dan senam semaphore. Seluruh tari masal dan atraksi pramuka berakhir dengan formasi Selamat Hari Pramuka ke-61.


Sumber : KOMPAS TV RIAU

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x