Kompas TV internasional kompas dunia

Enam Petahana Anggota Inti Politbiro Partai Komunis China Turba Temui Konstituen

Kompas.tv - 20 Oktober 2022, 00:35 WIB
enam-petahana-anggota-inti-politbiro-partai-komunis-china-turba-temui-konstituen
Presiden China Xi Jinping dalam pembukaan Kongres Partai Komunis China, Sabtu (16/10/2022). Enam petahana anggota Biro Politik Komite Sentral ke-19 Partai Komunis China CPC menemui konstituen masing-masing di sela-sela Kongres Nasional ke-20. (Sumber: Yao Dawei/Xinhua via AP)
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

BEIJING, KOMPAS.TV - Enam petahana anggota Biro Politik Komite Sentral ke-19 Partai Komunis China CPC menemui konstituen masing-masing di sela-sela Kongres Nasional ke-20, seperti laporan media resmi China, Rabu, (19/10/2022).

Jika dilihat nama-nama anggota Politbiro yang dimunculkan dalam sosialisasi dengan konstituennya di sela-sela kongres, kemungkinan struktur keanggotaan Politbiro Komite Sentral ke-20 CPC atau periode lima mendatang tidak ada perubahan.

Namun beredar nama-nama jajaran Politbiro ke-20, yakni Xi Jinping, Wang Huning, Zhao Leji, Li Qiang, Li Xi, Chen Min'er, dan Ding Xuexiang.

Nama-nama itu dimunculkan bersama nama-nama calon anggota tetap dan anggota pengganti Komite Sentral ke-20 CPC yang telah disetujui dalam sidang kedua Presidium Kongres yang dipimpin oleh Xi Jinping, Selasa (18/10).

Mereka menemui konstituennya dalam waktu yang hampir bersamaan, menurut informasi dari pusat media Kongres Nasional ke-20 CPC di Beijing hari Rabu.

Sebelumnya Sekretaris Jenderal CPC Xi Jinping bertemu dengan konstituennya dari Daerah Otonomi Guangxi.

Baca Juga: Xi Jinping di Kongres Partai Komunis Nyatakan Ambisi China Jadi Adikuasa di Pertengahan Abad 21

Presiden China Xi Jinping berpidato tanggal 16 Oktober 2022 d8 kongres ke 20 partai komunis China, dengan latar belakang petinggi dan tetua partai (Sumber: AP Photo)

Pemimpin tertinggi partai berkuasa itu, yang juga menjabat Presiden China, mendapatkan dukungan mayoritas dari daerah otonomi yang banyak dihuni etnis Zhuang tersebut dalam kongres tingkat daerah pada April lalu.

Politbiro Komite Sentral ke-19 hasil kongres sebelumnya, yang merupakan jajaran elite Komite Sentral CPC periode 2017-2022 beranggotakan tujuh orang dengan menempatkan Xi Jinping pada ranking pertama.

Li Keqiang, yang menduduki peringkat kedua di Politbiro dengan jabatan di partai sebagai sekretaris dan jabatan di pemerintahan sebagai perdana menteri, turun ke bawah menemui konstituennya dari Provinsi Gansu pada Senin (17/10/2022) atau sehari setelah pembukaan Kongres Nasional ke-20.

Dia menyerukan kadernya untuk bekerja secara nyata dan penuh tanggung jawab dalam membangun China sebagai negara sosialis modern di semua lini.

Li Zhanshu, peringkat ketiga di Politbiro yang menjabat Ketua Komite Tetap Kongres Rakyat Nasional NPC, menemui konstituennya dari Provinsi Sichuan.

Ketua DPR China itu menyerukan upaya bersama menuju masa depan negaranya.

Baca Juga: Presiden China Xi Jinping Disebut Bakal Terpilih untuk Masa Jabatan ke-3, Ini Kiprahnya sejak Muda

Muktamar akbar nasional atau Kongres ke 20 Partai Komunis China semakin dekat, sebanyak 2.296 orang terpilih sebagai anggota delegasi yang berhak hadir. (Sumber: Antara)

Lalu Wang Yang bertemu dengan delegasi CPC dari Daerah Otonomi Tibet yang terpilih untuk menghadiri kongres partai lima tahunan tersebut.

Menurut Ketua Majelis Penasihat Politik Rakyat China CPPCC atau MPR-nya China itu, warga Tibet menikmati pembangunan terbaik dan perubahan terbesar dalam satu dekade terakhir.

Sementara tiga anggota Politbiro lainnya, yakni Wang Huning, Zhao Leji, dan Han Zheng menemui konstituennya masing-masing dari Provinsi Guizhou, Daerah Otonomi Mongolia Dalam, dan Provinsi Hainan.

Keenam anggota Politbiro angkatan ke-19 tersebut menegaskan kembali laporan yang disampaikan oleh Xi Jinping pada saat pembukaan dan realisasi pembangunan yang telah dicapainya dalam 10 tahun terakhir.

Biro Politik atau Politbiro merupakan badan tertinggi Komite Sentral. Ketentuan keanggotaan Politbiro telah berubah dari waktu ke waktu.



Sumber : Kompas TV/Antara/Xinhua

BERITA LAINNYA



Close Ads x