Kompas TV olahraga sepak bola

Liverpool vs Manchester City: The Citizen Punya Catatan Buruk di Anfield

Kompas.tv - 16 Oktober 2022, 11:14 WIB
liverpool-vs-manchester-city-the-citizen-punya-catatan-buruk-di-anfield
Manchester City tim besutan Pep Guardiola akan bertandang ke markas Liverpool, Stadion Anfield, pada malam ini, Minggu (16/10/2022). (Sumber: Twitter @ManCity)
Penulis : Kiki Luqman | Editor : Purwanto

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Tim Manchester City besutan Pep Guardiola akan bertandang ke markas Liverpool, Stadion Anfield, pada Minggu (16/10/2022) malam. 

Duel Liverpool vs Manchester City merupakan laga penutup pekan ke-11 Liga Inggris pada pukul 22.30 WIB.

Mengarsiteki Tim Manchester City sejak 2016, Guardiola tujuh kali menyambangi Stadion Anfield di ajang Liga Inggris maupun Liga Champions. Catatan hasilnya, empat kali City kalah. Dua kali imbang.

Satu kali Guardiola memenangi laga Liverpool vs City, yakni pada Liga Inggris musim 2020-2021. Liga Inggris ketika itu masih menerapkan aturan tanpa penonton akibat pandemi virus corona. Lebih mundur lagi, Manchester City meraih satu kemenangan di Anfield itu dalam 19 kunjungannya di ajang Liga Inggris.

Baca Juga: 3 Pemain Utama Manchester City akan Absen dalam Laga Lawan Liverpool Akhir Pekan Ini

Manchester City menorehkan hasil gemilang sepanjang 9 pertandingan Liga Inggris musim ini. City mencatatkan diri sebagai satu-satunya tim yang belum terkalahkan di Liga Inggris musim ini. 

Menghadapi Liverpool di Anfield bukan perkara mudah. Guardiola sendiri pernah mengakui daya magis Anfield bagi Liverpool kala bermain di kandang. 

"Anfield adalah Anfield. Ungkapan 'This Is Anfield' bukan sekadar kampanye pemasaran. Ada sesuatu (magis) tentang ungkapan itu yang tidak akan anda temukan di stadion lain," kata Guardiola pada Juli 2019 lalu, dikutip dari Sky Sports.

"Setelah Liverpool mencetak gol (di Anfield), Anda pasti merasa akan kebobolan empat gol lagi pada lima menit berikutnya," ucap Guardiola.

"Anda mungkin merasa kecil dan seperti melihat lawan berada di mana-mana (ketika bermain di Anfield)," jelas mantan pelatih Barcelona itu.

Bahkan meski tabel klasemen memperlihatkan jarak poin yang jauh, Guardiola tetap menganggap Liverpool sebagai pesaing kuat perburuan juara Liga Inggris musim ini.

"Saya mengetahui kualitas yang mereke miliki. Ini akan selalu menjadi pertandinan ketat dan saya tidak berharap hal lainnya," kata Guardiola sebagaimana dikutip BBC.

Skuad besutan Jurgen Kloop selalu terpompa semangatnya kala bertanding di hadapan publik Anfield.

Liverpool tidak terkalahkan di Stadion Anfield sejak kalah 0-1 dari Fulham di ajang Liga Inggris pada Maret 2021.

Setelah itu, Liverpool tidak pernah kalah di Anfield selama 27 laga beruntun ketika menjamu kontestan Premier League.

The Reds tercatat tak kalah di Anfield ketika menghadapi juara bertahan Liga Inggris dalam 13 musim terahkir.

Kali terakhir Liverpool takluk dari juara bertahan Liga Inggris di Anfield pada musim 2007-2008. Ketika asuhan Rafael Benitez kalah tipis 0-1 dari Man United asuhan Sir Alex Ferguson.

Baca Juga: Resmi! Phil Foden Perpanjang Kontrak dengan Manchester City hingga 2027



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x