Kompas TV nasional peristiwa

Jokowi Sindir Gaya Hidup Mewah Pejabat Polri, Ini Cerita Mantan Wakapolri: Masih Pantaskah Saya?

Sabtu, 15 Oktober 2022 | 19:46 WIB
jokowi-sindir-gaya-hidup-mewah-pejabat-polri-ini-cerita-mantan-wakapolri-masih-pantaskah-saya
Jokowi singgung masalah gaya hidup saat bertemu dengan 559 pejabat Polri dari unsur Mabes Polri, Polda, dan Polres, di Istana Negara, Jumat (14/10/2022). (Sumber: YouTube/Sekretariat Presiden)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Mantan Wakapolri Komjen (Purn) Oegroseno merespons pernyataan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menyoroti gaya hidup pejabat Polri. Ia tidak menampik, secara gestur, dalam kurun waktu pemerintahannya yang hampir delapan tahun, Jokowi terlihat geregetan saat menekankan gaya hidup mewah dan soal gagah-gagahan.

“Presiden kawannya banyak melihat aparat penegak hukum lainnya, pola hidup sederhana perlu ditegakkan lagi, seperti Awaluddin,” ujarnya, Sabtu (15/10/2022), merujuk sosok mantan Kapolri di era Presiden Soeharto, Awaluddin Djamin yang dikenal sebagai Bapak Kepolisian Modern Indonesia.

Menurut Oegroseno, selama ini aturan hanya soal pola hidup sederhana, tetapi belum ada rincian aplikasinya. Misal, soal ikat pinggang (mahal) yang tidak masalah jika di tempat lain, namun jika itu menyangkut pejabat publik, sebaiknya biasa-biasa saja.

Baca Juga: Mahfud MD Minta Polri Lenyapkan Friksi Internal: kalau Polisi Mau Bagus, kalau Nggak ya Susah

Ia bercerita, saat masih dalam pendidikan, setiap cermin di akademi kepolisian memiliki stiker bertuliskan "Sudah rapikah saya?", atau "Sudah pantaskah saya?".

“Sekarang (harusnya) diubah, 'Masih pantaskah saya?!'" ujarnya seraya mengimbuhkan, "Lama-lama kan malu."

Ia juga menekankan perlunya pendampingan dan bimbingan selepas pendidikan. Jadi, pengajaran tidak hanya dilakukan saat pendampingan.

“Saya naik pangkat 13 kali dari letnan dua sampai bintang tiga, saya ingat apa yang diajarkan komandan saya, mentor harus tetap kasih bimbingan,” tuturnya.

Sebelumnya, Presiden Jokowi menyinggung soal gaya hidup polisi dalam pertemuan dengan 559 pejabat Polri dari unsur Mabes Polri, Polda, dan Polres, di Istana Negara, Jumat (14/10/2022).

Baca Juga: Presiden Jokowi Beri Arahan Pada Jajaran Polri: Singgung Kasus Ferdy Sambo

Jokowi mewanti-wanti seluruh anggota Polri untuk peka terhadap situasi yang tengah sulit di tengah masyarakat. Khusus soal gaya hidup, Jokowi juga menyinggung masalah kecemburuan sosial ekonomi.


 


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Berita Daerah

Persoalan Lahan IKN Tuntas Di Tahun 2023

Sabtu, 4 Februari 2023 | 16:36 WIB
Close Ads x