Kompas TV nasional peristiwa

TGIPF Bakal Serahkan Temuan Tragedi Kanjuruhan kepada Presiden FIFA

Kompas.tv - 15 Oktober 2022, 19:00 WIB
tgipf-bakal-serahkan-temuan-tragedi-kanjuruhan-kepada-presiden-fifa
Mahfud MD saat melaporkan hasil temuan Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF), gas air mata jadi sebab kematian massal di Tragedi Kanjuruhan, Jumat (14/10/2022) (Sumber: Kompas TV)
Penulis : Switzy Sabandar | Editor : Vyara Lestari

JAKARTA, KOMPAS.TV - Tim Gabungan Independen Pencari Fakta (TGIPF) akan menyerahkan hasil temuan Tragedi Kanjuruhan kepada Presiden FIFA Gianni Infantino. Rencananya, Presiden FIFA akan datang ke Indonesia untuk membahas tim transformasi sepak bola tanah air pada 18 Oktober mendatang.

Menurut Menteri Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali, yang juga Wakil Ketua TGIPF, pemerintah tidak dapat mencampuri urusan internal PSSI, sehingga memilih untuk membicarakan rekomendasi tersebut terlebih dahulu bersama FIFA selaku induk organisasi internasional yang membawahi PSSI.

“Nanti kan sebenarnya ini menjadi bahan juga yang akan dibicarakan dengan Presiden FIFA sebagai pimpinan federasi internasional,” ujarnya, seperti yang dikutip dari Antara, Jumat (14/10/2022).

Baca Juga: Ini Daftar 5 'Dosa' PT LIB versi TGIPF Tragedi Kanjuruhan, Termasuk Cuma Prioritaskan Cuan Bisnis

Laporan hasil pemeriksaan TGIPF telah diserahkan kepada Presiden Joko Widodo oleh Ketua TGIPF yang juga Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD di Istana Negara. Rekomendasi tersebut ditujukan kepada 10 kementerian/lembaga, termasuk PSSI, Polri, panitia pelaksana pertandingan, PT Liga Indonesia Baru (LIB), Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora), dan Kementerian Kesehatan.

Salah satu poin pertama rekomendasi TGIPF untuk PSSI berbunyi, “Secara normatif, pemerintah tidak bisa mengintervensi PSSI, namun dalam negara yang memiliki dasar moral dan etik serta budaya adiluhung, sudah sepatutnya Ketua Umum PSSI dan seluruh jajaran Komite Eksekutif mengundurkan diri sebagai bentuk pertanggungjawaban moral atas jatuhnya korban sebanyak 712 orang.”

Baca Juga: TGIPF Kanjuruhan Rekomendasikan Ketua Umum PSSI Mundur!


 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x