Kompas TV bisnis ekonomi dan bisnis

Tips Hadapi Resesi Ekonomi 2023, Mulai dari Simpan Uang Tunai hingga Lunasi Utang Konsumtif

Kompas.tv - 14 Oktober 2022, 12:36 WIB
tips-hadapi-resesi-ekonomi-2023-mulai-dari-simpan-uang-tunai-hingga-lunasi-utang-konsumtif
Ilustrasi manajemen keuangan untuk menghadapi resesi ekonomi. (Sumber: Dok. Canva)
Penulis : Dina Karina | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Berbagai lembaga internasional telah meramalkan jika banyak negara di dunia akan masuk dalam resesi ekonomi pada 2023. Indonesia memang tidak termasuk di dalam daftar negara tersebut, namun tetap akan terdampak sehingga membuat pertumbuhan ekonomi RI melemah. 

Perencana keuangan yang juga CEO Zap Finance Prita Ghozie mengatakan, masyarakat tidak perlu panik dengan kondisi tersebut. Namun tetap harus membuat rencana keuangan yang baik.

Menurut Prita, resesi ekonomi secara sederhana dapat diartikan sebagai suatu kondisi di mana perekonomian suatu negara sedang memburuk yang terlihat dari Produk Domestik Bruto (PDB) yang negatif, pengangguran meningkat, maupun pertumbuhan ekonomi riil bernilai negatif selama dua kuartal berturut-turut.

Baca Juga: Sri Mulyani Sebut Dunia Bakal Resesi di 2023, Ini Pilihan Investasi yang Tahan Krisis Ekonomi

"Lantas kenapa banyak yang panik? Wajar sih, pandemi tahun 2020 yang mungkin belum pulih 100 persen ini bisa jadi membawa trauma di banyak rumah tangga. Makanya jadi banyak yang cerita suka overthinking," tulis Prita di akun Instagramnya, dikutip Jumat (13/10/2022).


 

"What if saya kena PHK trus susah cari kerja? Cashflow abis-abisan, padahal cicilan rumah jalan terus? Aahamku terjun bebas nilainya, padahal ga punya aset lain?," lanjutnya. 

Ia menilai, wajar jika seseorang memikirkan dampak resesi yang mungkin saja akan sampai pada diri mereka. Tapi tujuannya supaya lebih waspada dan berencana. Bukan takut apalagi panik.

Ia mengatakan, ada beberapa hal yang bisa dilakukan dalam membenahi rencana keuangan menghadapi resesi, yaitu:

Baca Juga: Ancaman Resesi Global 2023, Ekonom: Tetap Konsumsi dan Belanja Seperti Biasa

1. Memiliki cash yang cukup



Sumber :

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.