Kompas TV olahraga sepak bola

Asisten Pelatih Timnas Indonesia: Shin Tae-yong Tak Ditekan untuk Bela Iwan Bule

Kompas.tv - 13 Oktober 2022, 17:47 WIB
asisten-pelatih-timnas-indonesia-shin-tae-yong-tak-ditekan-untuk-bela-iwan-bule

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong. Asisten pelatih Timnas Indonesia Nova Arianto menyebut Shin Tae-yong tidak mendapat tekanan ketika mengeluarkan pernyataan yang membela Ketua Umum (Ketum) PSSI Mochamad Iriawan alias Iwan Bule. (Sumber: PSSI)

Penulis : Gilang Romadhan | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Asisten pelatih Timnas Indonesia, Nova Arianto, menyebut Shin Tae-yong tidak mendapat tekanan ketika mengeluarkan pernyataan yang membela Ketua Umum (Ketum) PSSI Mochamad Iriawan alias Iwan Bule. 

Pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong, diketahui membuat pernyataan bela sungkawa terhadap para korban Tragedi Kanjuruhan melalui akun Instagram resminya, Rabu (12/102/2022). 

Namun, dalam pernyataan yang sama, Shin Tae-yong membela Iwan Bule. Bahkan, pelatih asal Korea Selatan mengancam akan mundur jika Iwan Bule dipaksa hengkang dari jabatannya sebagai Ketum PSSI. 

Seperti diketahui, Iwan Bule didesak mundur oleh sebagian pecinta sepak bola Indonesia. 

Baca Juga: Ramai Tagar #STYOUT, Kapan Kontrak Shin Tae-yong di Timnas Indonesia Berakhir?

Alasannya, Iwan Bule dinilai sebagai pihak yang paling bertanggung jawab atas meninggalnya 132 orang dalam Tragedi Kanjuruhan yang terjadi pada Sabtu 1 Oktober 2022. Iwan Bule diminta mundur sebagai bentuk tanggung jawab moral. 

Nama Shin Tae-yong pun ramai diperbincangkan oleh warganet. Menurut warganet, Shin Tae-yong seperti mendapatkan paksaan saat mengeluarkan pernyataan yang membela Iwan Bule. 

Kendati demikian, asisten pelatih Timnas Indonesia Nova Arianto mengonfirmasi bahwa Shin Tae-yong tak ditekan saat menulis pembelaannya tersebut. 

"Kami anggota tim nasional turut berduka dan pastinya ikut bersedih dengan kejadian di Kanjuruhan karena kita juga punya keluarga dan pastinya nyawa di atas segalanya. Karena di saat kehilangan nyawa, mereka tidak akan bisa kembali," tulis Nova lewat akun Instagram miliknya, Kamis (13/10/2022).

Baca Juga: Shin Tae-yong Bakal Mundur Jika Ketua Umum PSSI Mengundurkan Diri: Kita Adalah 1 Tim

"Statement head coach kami [STY] pastinya banyak pro dan kontra dan kami sangat bisa memahaminya tapi tanpa mengurangi rasa hormat dan melepaskan rasa kemanusiaan atas kejadian tersebut. Kami memastikan itu semua tanpa tekanan dan keluar dari hati paling dalam head coach kami."

"Dalam konteks tim nasional, kenyataan yang terjadi di tim nasional dari semenjak saya pernah berseragam tim nasional hingga saya punya kesempatan belajar menjadi asisten tim nasional semenjak 2019 hingga sekarang. Memang saat ini semua program yang diinginkan head coach termasuk TC di luar negeri semua bisa berjalan dengan baik."

"Kami mengapresiasi kerja PSSI terlepas kami juga mengucapkan terima kasih kepada pemerintah yang sangat membantu atas berjalannya TC. Walau jujur masih ada beberapa kekurangan tapi semuanya sudah berprogress ke arah yg lebih baik," tandas Nova.

Baca Juga: Shin Tae-yong Sebut Mochamad Iriawan sebagai Orang yang Sangat Mencintai Sepak Bola Indonesia


 



Sumber : KOMPAS TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x