Kompas TV olahraga sepak bola

Jika Shin Tae-yong Mundur, Berikut Sosok yang Cocok Jadi Pelatih Timnas Indonesia

Kompas.tv - 13 Oktober 2022, 17:41 WIB
jika-shin-tae-yong-mundur-berikut-sosok-yang-cocok-jadi-pelatih-timnas-indonesia
Pelatih Shin Tae-yong dinilai adalah orang yang paling berperan besar membawa Timnas Indonesia lolos ke Piala Asia 2023. (Sumber: Instagram @afcasiancup)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong membuat pernyataan mengejutkan dengan mengatakan akan mengundurkan diri jika Mochamad Iriawan mundur sebagai Ketua Umum PSSI.

Hal tersebut diungkapkan STY melalui sebuah unggahan di akun Instagram-nya pada Rabu (12/10/2022).

"Menurut saya, jika Ketua Umum PSSI harus bertanggung jawab atas semua yang terjadi dan mengundurkan diri, maka saya pun harus mengundurkan diri," ujarnya.

"Karena saya pikir jika terdapat kesalahan dari rekan kerja yang bekerja bersama sebagai 1 tim, maka saya pun juga memiliki kesalahan yang sama. Kita adalah 1 tim," imbuh pelatih asal Korea Selatan itu.

Pernyataan Shin Tae-yong tersebut membuat pendukung Timnas Indonesia terbelah dalam hal sikap. 

Ada yang mendukung STY tetap bersama skuad Garuda, dan ada yang mempersilakan untuk meninggalkan Timnas Indonesia bersama Mochamad Iriawan.

Jika Shin Tae-yong benar-benar pergi,Timnas Indonesia tentu akan dirugikan karena akan kembali beradaptasi dengan skema pelatih baru.

Namun apabila PSSI bisa memilih pengganti yang tepat, bukan tidak mungkin pelatih anyar tersebut mampu melanjutkan pekerjaan bagus Shin Tae-yong.

Baca Juga: Shin Tae-yong Bakal Mundur Jika Ketua Umum PSSI Mengundurkan Diri: Kita Adalah 1 Tim

Berikut daftar pelatih yang cocok untuk memimpin Timnas Indonesia:

1. Luis Milla

Luis Milla saat menjadi pelatih Timnas Indonesia. (Sumber: FERI SETIAWAN/BOLASPORT)

Entrenador asal Spanyol bukanlah orang yang asing dengan sepak bola Indonesia. Milla pernah ditunjuk melatih Timnas pada 2017-2018.

Meski begitu, prestasi Milla tak terlalu baik dengan hanya meraih perunggu di SEA Games 2017 dan gugur di babak 16 besar Asian Games 2018.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x