Kompas TV nasional viral

Benarkah Ijazah Jokowi Palsu? Ini Tanggapan Istana, UGM, SMA, hingga Gibran

Kompas.tv - 13 Oktober 2022, 15:23 WIB
benarkah-ijazah-jokowi-palsu-ini-tanggapan-istana-ugm-sma-hingga-gibran
Presiden Jokowi dalam peringatan Hari Ulang Tahun ke-49 Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan, Senin (10/1/2022). (Sumber: Tangkapan Layar Youtube PDI Perjuangan)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS.TV - Penulis buku Jokowi Undercover, Bambang Tri Mulyono menggugat Presiden Joko Widodo terkait dugaan penggunaan ijazah palsu saat mengikuti Pilpres 2019, Senin (3/10/2022) kemarin/

Gugatan itu telah terdaftar dalam nomor perkara 592/Pdt.G/2022/PN Jkt.Pst dengan klasifikasi perkara adalah perbuatan melawan hukum (PMH). Tuntutan ini menjadi isu liar di kalangan publik, keaslian ijazah Kepala Negara dipertanyakan.

Baca Juga: Panglima TNI Bangga UGM Banyak Lahirkan Pemimpin, Sebut Jokowi hingga Anies Baswedan

Tak hanya menggugat Jokowi, Bambang juga menuntut Komisi Pemilihan Umum (KPU), Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR), dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek).

Lantas bagaimana tanggapan istana terkait gugatan dan isu ijazah palsu Presiden Joko Widodo?

Baca Juga: Didakwa 3 Pasal, Roy Suryo Terancam 5 Tahun Penjara Terkait Kasus Meme Stupa Mirip Jokowi

Istana: Jokowi punya seluruh ijazah aslinya

Staf Presiden Bidang Hukum Dini Purwono mengatakan pihaknya memberikan ruang kepada warga untuk mengajukan gugatan terkait ijazah Jokowi. Namun, Dini menegaskan bahwa gugatan tersebut harus disertai bukti yang kuat.

"Kalau memang merasa memiliki bukti yang cukup sebagai dasar gugatan, silakan nanti disampaikan dalam proses pengadilan," ujar Dini dalam keterangan tertulisnya, Selasa (4/10) silam dikutip dari Kompas.com.

Dini menjelaskan Presiden Jokowi memiliki seluruh ijazah asli dan bisa dibuktikan dengan mudah.

Baca Juga: Presiden Jokowi Ingatkan Menteri Berhati-hati Mengambil Kebijakan, Ini Alasannya

Ia mengatakan jika penggugat tak bisa memberikan bukti nyata dan solid, maka akan terjawab sendiri bahwa gugatan hanya mengada-ada.

"Karena tidak berhasil membuktikan apa yang dituduhkan, dan apabila itu terjadi jelas hanya akan menampar muka penggugat sendiri," kata dia. 

UGM memastikan ijazah S1 Jokowi

Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Ova Emilia turut buka suara terkait isu ijazah palsu Jokowi. Ia menegaskan ijazah S1 Jokowi asli dan terdokumentasi dengan baik di kampus.



Sumber : Kompas.com

BERITA LAINNYA



Close Ads x