Kompas TV nasional kesehatan

Hari Ini Hari Tanpa Bra Sedunia, Apakah Tidak Pakai BH Bikin Payudara Melorot?

Kompas.tv - 13 Oktober 2022, 05:37 WIB
hari-ini-hari-tanpa-bra-sedunia-apakah-tidak-pakai-bh-bikin-payudara-melorot
Ilustrasi Hari Tanpa Bra atau No Bra Day yang diperingati tiap tanggal 13 Oktober. (Sumber: Grid.id)
Penulis : Rofi Ali Majid | Editor : Iman Firdaus

YOGYAKARTA, KOMPAS.TV - Masyarakat dunia merayakan Hari Tanpa Bra atau No Bra Day pada hari ini,  Kamis (13/10/2022). Namun, masih terdapat anggapan bahwa tidak memakai BH menyebabkan payudara melorot atau kendur. Benarkah demikian?

Menurut penjelasan Dr Sherry Ross, penulis buku She-ology, tak memakai bra bisa jadi salah satu penyebab payudara kendur.

Pasalnya, hanya jaringan payudara bagian belakang yang menempel pada otot dada sebagai penyokong. Dengan kata lain, sebagian besar jaringan payudara tak mempunyai penyokong yang stabil.

Oleh karena itu, ketika beraktifitas secara agresif, semisal olahraga tanpa mengenakan BH, payudara akan bergerak tak beraturan hingga dapat menyebabkan rasa sakit.

"Di luar itu, pemakaian bra juga penting untuk mencegah payudara kendur, karena tanpa penyokong yang tepat dalam waktu lama," terang Dr Sherry, menukil Kompas.com.

"Jaringan payudara akan meregang, terlepas dari ukuran payudaranya," imbuhnya.

Di sisi lain, menurut dokter bedah Rush University Medical Center di Chicago, Dr Andrea Madrigrano, kendurnya payudara akibat tak memakai BH lebih dipengaruhi oleh kepadatan payudara.

"Jika payudara memiliki lebih banyak lemak daripada jaringan berserat (yaitu lebih besar), maka payudara kita cenderung akan lebih melorot, kalau tidak memakai bra," terang Dr Andera.

Adapun perempuan dengan ukuran payudara kecil disebut tidak akan terpengaruh, walau tak memakai BH.

Baca Juga: Tips Memilih Bra yang Cocok Menurut Pakar

Terlepas dari itu, kedua pakar di atas bersepakat kendurnya payudara tak hanya dipengaruhi faktor penggunaan BH.

Dr Sherry menjelaskan, "efek kendur pada payudara tergantung pada banyak variabel," seperti genetika, berat badan, kehamilan, dan menyusui. 

Bagi perempuan berpayudara besar, Dr Andera mengimbau agar mereka mengenakan bra demi kesehatan.

"Payudara yang besar dan berat dapat memberi tekanan berlebih pada otot-otot di bawah payudara, yang pada gilirannya dapat menyebabkan nyeri dada, punggung, dan bahu," kata Dr Andera.

Baca Juga: Apakah Bra Pengaruhi Kesehatan dan Kekencangan Payudara?


 



Sumber : Kompas TV/Kompas.com


BERITA LAINNYA



Close Ads x