Kompas TV regional berita daerah

Diguyur Hujan Deras, Tebing Longsor Timpa Rumah Warga di Kulon Progo

Kompas.tv - 12 Oktober 2022, 15:21 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

KULON PROGO, KOMPAS.TV - Tebing setinggi 15 Meter dengan lebar 5 Meter di Pedukuhan Duren Sawit, Banjaroya, Kalibawang, Kulon Progo, Yogyakarta, ini longsor setelah diguyur hujan lebat sejak Selasa (11/10/2022) sore. Material longsor langsung menerjang rumah milik Asmo Suwito, yang dihuni empat orang.

Salah satu penghuni rumah, sebelum kejadian sempat melakukan pengecekan ke tebing yang berada di atas rumah mereka. Namun, tak berselang lama, tiba-tiba tebing longsor dan langsung menghantam rumah.

Tiga orang yang masih berada di dalam rumah, sempat terjebak dan tertimpa reruntuhan meski akhirnya berhasil menyelamatkan diri. Merekapun memilih mengungsi ke rumah tetangga mengingat kondisi rumah mereka rusak berat dan tidak dapat ditempati.

"Saat kejadian ada tiga orang di dalam rumah, yang satu bisa keluar tapi yang dua sedang di dapur. Kondisinya agak sakit karena terkena longsor saat hendak keluar," ungkap Andreas Juniarto, penghuni rumah.

Upaya pembersihan material longsor dilakukan secara swadaya oleh warga setempat. Sejumlah akses jalan menuju desa mereka yang masih tertutup longsor membuat petugas kesulitan menjangkau wilayah tersebut.

"Di Pedukuhan Duren Sawit itu banyak sekali. Yang termasuk berat ada tujuh titik. Yang rumah itu ada tiga tapi yang paling berat ini. Sempat menutup akses jalan desa itu jalur dari Bulu Duren Sawit itu tertutup total tidak bisa di lewati," jelas Suprat Rusdiyantoro, Ketua RT 52 Pedukuhan Duren Sawit.

Sedikitnya tiga rumah warga rusak akibat longsor yang terjadi sejak Selasa (11/10/2022) sore kemarin. Selain menerjang rumah, longsor juga terjadi di 10 titik dan menutup aliran sungai dan jalan akses dari Pedukuhan Duren Sawit menuju Magelang ataupun Desa Banjaroya.

#longsor #kulonprogo #yogyakarta



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x