Kompas TV regional berita daerah

Demi Keamanan, Sidang Eliezer Dipisah Dari Sidang Ferdy Sambo

Kompas.tv - 12 Oktober 2022, 14:23 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

JAKARTA, KOMPAS.TV - Sidang perdana kasus pembunuhan Brigadir Yosua Hutabarat, dengan tersangka Ferdy Sambo dan Bharada Richard Eliezer akan digelar secara terpisah.

Richard bakal menjadi kunci pengungkap seluruh kejadian yang bisa berdampak pada Ferdy Sambo dan terdakwa lainnya.

Sidang perdana Bharada Richard Eliezer digelar pada Selasa (18/10).

Sementara empat terdakwa lainnya, Ferdy Sambo dan istrinya Putri Candrawathi, serta ajudannya Brigadir Kepala Ricky Rizal, dan asisten rumah tangga, Kuat Ma’ruf digelar sehari sebelumnya, Senin (17/10).

Hakim menimbang keterangan Richard yang juga sebagai terdakwa, bakal menjadi kunci mengungkap kasus ini secara jelas.

Peran Richard ini, sebagai justice collaborator atau pengungkap fakta sejak di penyidikan, dianggap penting dan tak bisa dicampur dengan keterangan terdakwa lain.

Posisi Richard yang sebagai pengungkap fakta, dianggap perlu diperdalam hakim sebagai bahan dalam mengadili terdakwa lainnya.

Soal pemisahan jadwal sidang, Kuasa Hukum Bharada Eliezer, Ronny Talapessy tak mempermasalahkan.

Ronny memastikan keterangan kliennya akan konsisten di meja hijau, karena sudah terikat perjanjian dengan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban, LPSK.

Selain di perkara pokok, yakni pembunuhan berencana Yosua Hutabarat, Pengadilan Negeri Jakarta Selatan juga mengadili perkara merintangi penyidikan pembunuhan Yosua.

Di perkara ini, ada 7 terdakwa dengan satu diantaranya yakni Ferdy Sambo, yang juga jadi terdakwa di perkara pembunuhan berencana Yosua.

Mereka diadili pada Rabu (19/10) secara terpisah.

 

#ferdysambo #eliezer #kasussambo



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.