Kompas TV nasional kompas bisnis

Agenda Indonesia di Pertemuan Tahunan IMF-World Bank Group

Kompas.tv - 9 Oktober 2018, 12:30 WIB
Penulis : Imanuel Gilang Krisjanuar | Editor :

Pekan ini semua mata tertuju kepada Indonesia sebagai tuan rumah IMF and World Bank Group Annual Meeting tahun 2018. Tepatnya di Nusa Dua, Bali. Pertemuan cukup spesial karena diikuti delegasi dari 189 negara.

Pertemuan tahunan pertama kali dilakukan di Washington, Amerika Serikat pada 1946. Kemudian dalam pelaksanaannya setiap satu kali dalam 3 tahun pertemuan tahunan dilakukan di negara anggota atau di luar Washington sebagai Kantor Pusat IMF World Bank.

Bagi Indonesia sendiri pertemuan ini adalah kesempatan emas untuk membawa agenda-agenda pembangunan. Posisi Indonesia di mata rantai ekonomi digital dan ekonomi syariah. Dengan keunggulan di jumlah penduduk, Indonesia perlu mengeskalasi nilai tawar agar tak sekadar menjadi pasar.

Indonesia pun perlu perlindungan atas transaksi lintas negara 2 sektor ini. Selain itu penting dalam pembiayaan infrastruktur untuk memperluas peran swasta. Di sektor perkebunan, Indonesia bisa menegaskan kembali dan meyakinkan dunia internasional bahwa perkebunan kelapa sawit Indonesia dijalankan secara berkelanjutan.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.