Kompas TV tekno internet

NFT Kompas Kembali Rilis Koleksi Baru dengan Tema "Loka/Masa", Harga Mulai Rp21 Ribu

Kompas.tv - 12 Oktober 2022, 04:45 WIB
nft-kompas-kembali-rilis-koleksi-baru-dengan-tema-loka-masa-harga-mulai-rp21-ribu
NFT Kompas kembali menghadirkan rilisan baru koleksi karya yaitu Narasi Foto Terkurasi dengan total 3.249 NFT. (Sumber: Istimewa)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Hariyanto Kurniawan

JAKARTA, KOMPAS.TV - NFT Kompas kembali menghadirkan rilisan baru koleksi karya yaitu Narasi Foto Terkurasi. 

Total akan ada 3.249 NFT (57 foto, masing-masing 57 edisi) berupa foto karya fotografer harian Kompas yang dirangkum dalam tema “Loka/Masa”. Nantinya, koleksi ini akan dikeluarkan bertahap dari September hingga Desember 2022.

Narasi Foto Terkurasi merupakan project dari harian Kompas untuk menghadirkan arsip foto yang dihasilkan fotografer dan jurnalis sejak tahun 1965 ke dalam blockchain.

Project ini adalah percabangan dari Narasi Fakta Terkurasi yang sudah dirilis terlebih dahulu pada 28 Juni 2022, dengan merilis NFT arsip halaman muka koran Kompas.

Fotografi merupakan salah satu pokok jurnalistik semenjak media cetak muncul. Banyak peristiwa sejarah yang direkam melalui berbagai foto ikonik penanda zaman.

Kehadiran pewarta foto pada suatu peristiwa, yang menangkap dan mengabadikan momentum, sama pentingnya dengan jurnalis tulis.

Sebagai ikhtiar untuk menghasilkan produk jurnalistik yang berkualitas, sejak mula harian Kompas berinvestasi pada pewarta-pewarta foto. 

Baca Juga: Usai Pecahkan Rekor 10 Miliar Views YouTube, NFT Baby Shark Akan Rilis Lagi

Tidak sekadar berbekal kemampuan teknik fotografi, mereka juga dilatih mempertajam naluri untuk mencium narasi dan “nyawa” dari sebuah peristiwa. 

Para fotografer andal telah silih berganti mewarnai halaman Kompas, mulai dari Kartono Riyadi, Julian Sihombing, Arbain Rambey, hingga generasi fotografer yang masih aktif kini.

Pada gelar wicara di Twitter Spaces bertajuk “Wajah Fotografi: dari Jurnalistik hingga NFT”, Jumat (16/9/2022), yang sekaligus menjadi penanda peluncuran Narasi Foto Terkurasi, fotografer Kompas Heru Sri Kumoro menceritakan kekhasan fotografi jurnalistik di Kompas. 

Pewarta foto Kompas dididik sebagai jurnalis, bukan sekadar juru foto. Mereka dibekali kemampuan meriset, menulis, dan kepekaan untuk menakar signifikansi peristiwa. 

Oleh karena itu, foto-foto yang dihasilkan bukan hanya menarik dari sisi visual, tetapi juga kuat dari sisi naratif.

Munculnya teknologi blockchain membuka peluang untuk menerbitkan karya fotografer Kompas. 

Melalui project Narasi Foto Terkurasi, karya-karya fotografi tersebut akan dirilis dalam bentuk NFT untuk bisa dikoleksi secara digital. 

Baca Juga: Daftar Klub Liga 1 yang Rilis NFT: Persija, PSS & Bali United, Harga Mulai Rp25 Ribu

Harapannya, sama seperti project sebelumnya, momentum dan peristiwa yang direkam dari mata lensa harian Kompas bisa menemukan apresiator yang akan berkontribusi merawat memori secara kolektif.

Skena fotografi dalam bentuk NFT sendiri, sebagaimana seni rupa, sudah cukup berkembang. Banyak talenta dan kreator yang menginspirasi harian Kompas untuk turut mewarnai skena ini, dengan semangat apresiasi terhadap kreasi.

Harian Kompas, melalui rangkaian project NFT, berharap skena ini melahirkan harapan dan jalan baru
bagi berseminya kreasi dan potensi ekonomi yang tumbuh bersamanya.

Baskara Puraga, pegiat fotografi dan NFT yang juga hadir di Twitter Spaces “Wajah Fotografi: dari Jurnalistik hingga NFT”, optimistis akan peluang baru karya-karya foto di jagat NFT.

“Ada banyak karya foto yang dari sisi visual atau narasi punya nilai, tetapi tidak punya cukup ruang untuk diapresiasi. Dengan NFT, karya-karya ini jadi punya ruang. Dari sudut pandang saya, fotografi di NFT punya potensi yang besar di masa mendatang,” ujar Aga, sapaan akrabnya.

Project Narasi Foto Terkurasi akan membawa harian Kompas berkenalan dengan beragam skena foto yang sudah lebih dahulu eksis di berbagai jaringan blockchain.

Keunikan dan identitas masing-masing skena ini akan memengaruhi karya fotografi seperti apa yang akan dibawa harian Kompas ke beragam jejaring blockchain.

Baca Juga: Harian Kompas Luncurkan NFT di HUT Ke-57, Bukti Terus Berinovasi!

“Loka/Masa”, rilisan pertama Narasi Foto Terkurasi



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x