Kompas TV nasional rumah pemilu

Demokrat Mentarget 'Runtuhkan' Kursi PDIP di DPRD Jakarta pada Pileg 2024

Kompas.tv - 11 Oktober 2022, 19:51 WIB
demokrat-mentarget-runtuhkan-kursi-pdip-di-dprd-jakarta-pada-pileg-2024
Ketua DPD Partai Demokrat DKI Jakarta Mujiyono. (Sumber: Humas DPD Partai Demokrat DKI Jakarta. )
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Purwanto

JAKARTA, KOMPAS TV - Partai Demokrat DKI Jakarta menyatakan siap meruntuhkan perolehan kursi PDI Perjuangan di DPRD DKI Jakarta pada pemilihan legislatif 2024. 

"Seluruh kader Partai Demokrat se-DKI Jakarta berkomitmen untuk  bekerja keras untuk merebut kembali kejayaan Partai Demokrat di Provinsi DKI Jakarta," kata Ketua DPD Partai Demokrat DKI Mujiyono di GOR Ciracas, Jakarta Timur, Selasa (11/10/2022). 

Demokrat DKI Jakarta saat ini menguasai 10 dari 94 kursi DPRD DKI. Sedangkan PDI Perjuangan menempatkan 25 wakilnya di parlemen Kebon Sirih.

Demokrat pernah mendapat kursi terbanyak di DKI Jakarta pada 2009 silam, yakni 32 kursi. Saat itu, ada perubahan jumlah kursi DPRD DKI dari 75 menjadi 94. Pada pemilihan 2004, Demokrat meraih 16 kursi, terbanyak kedua setelah PKS yang meraih 18 kursi DPRD DKI. 

Baca Juga: Anies Hadir Virtual di Pelantikan Kader Demokrat DKI: Selamat Jakarta Solid

Mujiyono mengatakan, dalam sisa waktu selama 491 hari ke depan, menjelang Pemilu, Demokrat Jakarta akan melakukan kerja-kerja politik yang sistematis dan terukur. 

Mujiyono optimistis akan mampu merebut kemenangan di DPRD DKI Jakarta untuk Pileg 2024. 

Ketua Komisi A DPRD DKI Jakarta dan mantan Ketua Pengurus Cabang Jakarta Timur itu menyebut, sejak dilantik sebagai Ketua DPD Partai Demokrat DKI Jakarta tak pernah berhenti bekerja untuk memenangkan partai pimpinan Agus Harimurti Yudhoyono atau AHY tersebut. 

Ia mengaku telah melakukan reorganisasi di tingkat DPC melalui Muscab serentak 6 DPC pada tanggal 28 Maret 2022. Kemudian melakukan uji kelayakan dan kepatutan bagi 44 pengurus DPAC Partai Demokrat 15–18 Juni 2022

Demokrat Jakarta telah menjaring 111 bakal calon anggota legislatif pada penjaringan tahap I bakal calon anggota legislatif DPRD Provinsi DKI yang kemudian diuji kelayakannya di 10 daerah pemilihan. 

Pencarian bakal calon itu menyisakan 72 orang di luar 10 anggota DPRD petahana. 

Baca Juga: Demokrat soal Pertemuan Anies dan AHY: Ikhtiar untuk Jadi Pasangan di Pilpres 2024

"Jadi saat ini, bacaleg DPRD Provinsi DKI Jakarta yang siap bertarung sudah terpenuhi 77,35% dari 106 caleg DPRD DKI Jakarta. Sisanya akan terus kita jaring dan seleksi sampai pendaftaran bacaleg pada April 2023 mendatang," ujarnya. 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x