Kompas TV regional berita daerah

Detik-detik Aksi Anarkis Perusakan Tugu Perguruan Silat

Kompas.tv - 11 Oktober 2022, 17:18 WIB
Penulis : KompasTV Jateng

BLORA, KOMPAS.TV - Aksi anarkis diduga dilakukan oleh salah satu kelompok perguruan silat di Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Dalam rekaman video yang tersebar, tampak sejumlah orang berpakaian serba hitam melakukan perusakan terhadap salah satu tugu Perguruan Silat Persaudaraan Setia Hati Terate (PSHT) yang berada di Kecamatan Sambong, Kabupaten Blora, Jawa Tengah. Akibat aksi tersebut, tugu perguruan PSHT mengalami kerusakan parah akibat lemparan batu.

Kapolres Blora AKBP Fahrurozi mengatakan, aksi perusakan tersebut terjadi usai adanya pengesahan anggota perguruan silat, Minggu (9/10/2022). Diduga perusakan tersebut dilakukan oleh oknum simpatisan salah satu perguruan silat. Pihaknya saat ini masih melakukan penyelidikan perusakan tersebut dan berjanji akan mengusut kasus itu secara tuntas.

"Ini kita akan melakukan tindakan tegas, kita sudah melakukan penyelidikan dan identifikasi siapa saja yang melakukan, kemudian akan kita proses hukum. Terkait itu juga guna mencegah, mengantisipasi supaya peristiwa tersebut tidak terjadi kembali di kemudian hari," ungkap AKBP Fahrurozi, Kapolres Blora.

"Sebenarnya, sebelum peristiwa tersebut kami sudah berkoordinasi dan berkumpul bersama-sama dengan pengurus-pengurus perguruan silat yang ada di Kabupaten Blora dan sepakat menjaga situasi kondusif apalagi dalam waktu dekat kita akan menyelenggarakan Pra Porprov dan Porprov untuk pencak silat," lanjutnya.

Petugas kepolisian sudah mengumpulkan seluruh perguruan silat yang ada di Blora untuk berikrar bersama-sama menciptakan keamanan dan ketertiban di masyarakat.

#perguruansilat #blora #psht



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x