Kompas TV feature news or hoax

Hoax Video Emas Milik Ratu Elizabeth II - NEWS OR HOAX

Kompas.tv - 11 Oktober 2022, 12:06 WIB
Penulis : Anas Surya

KOMPASTV - Beredar video yang memperlihatkan almarhum Ratu Elizabeth kedua yang sedang mengunjungi ruang brangkas yang berisi tumpukan emas. Tertulis narasi pada video tersebut yang mengklaim bahwa emas-emas tersebut dimiliki oleh Ratu Elizabeth II. Namun setelah dicek kebenaran mengenai video dan narasi tersebut, narasi yang beredar adalah tidak benar atau hoaks.

Foto pada video yang beredar adalah foto milik Alamy.com pada keretangan foto ditulis Ratu Elizabeth II bersama suaminya Pangeran Philip sedang mengunjungi brankas emas bank Inggris di London pada 13 Desember 2012 lalu. Dilansir dari bbc.com emas-emas yang ada saat kunjungan tersebut merupakan cadangan resmi departemen keuangan Inggris dan simpanan dari 30 negara lain.

Brangkas emas milik bank Inggris menyimpan emas batangan senilai 141 miliar poundsterling, setiap batang memiliki berat 12 kilogram.

Jadi bisa dipastikan bahwa narasi yang beredar mengenai berangkas emas milik Ratu Elizabeth II merupakan narasi yang tidak benar atau hoaks.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.