Kompas TV nasional hukum

PN Jaksel Siapkan 3 TV Besar yang Tayangkan Persidangan Ferdy Sambo Cs, Satu di Depan Ruang Sidang

Kompas.tv - 10 Oktober 2022, 20:17 WIB
pn-jaksel-siapkan-3-tv-besar-yang-tayangkan-persidangan-ferdy-sambo-cs-satu-di-depan-ruang-sidang
Tersangka kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir J dan kasus obstruction of justice, Ferdy Sambo, saat resmi mengenakan rompi tahanan Kejagung. (Sumber: Dok. Puspenkum Kejagung)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pengadilan Negeri Jakarta Selatan (PN Jaksel) mengatakan berencana memasang proyektor yang akan menyiarkan persidangan kasus pembunuhan berencana terhadap Brigadir Nofriansyah Yosua Hutabarat atau Brigadir J, dengan terdakwa Ferdy Sambo cs.

Satu titik penyiaran persidangan telah dikonfirmasi yakni di depan ruang sidang utama. Humas PN Jakarta Selatan Djuyamto mengatakan siaran dilakukan untuk mengantisipasi membludaknya massa yang ingin menyaksikan persidangan.

"Terkait penempatan TV besar untuk menampilkan persidangan, itu nanti tempatnya di depan ruang sidang utama. Ada beberapa titik nanti dua hingga tiga," jelas Djuyamto dalam Sapa Indonesia Malam Kompas TV, Senin (10/10/2022).

Baca Juga: Wakil Ketua PN Jaksel Ditunjuk Jadi Ketua Majelis Hakim Perkara Ferdy Sambo Cs

Pengacara keluarga Brigadir J, Martin Lukas Simanjuntak, sempat memberikan imbauan terkait persidangan Ferdy Sambo cs yang akan digelar di PN Jaksel.

Martin khawatir sidang Ferdy Sambo akan menimbulkan kerumunan mengingat perkara persidangan di PN Jaksel ada banyak, baik perdata maupun pidana.

"Perkara harian di PN Jaksel banyak sekali baik perdata maupun pidana. Banyak orang yang berkerumun, ini di luar persidangan Ferdy Sambo. Ketika persidangan Ferdy Sambo dipersidangkan, akan ada banyak massa yang datang dan membuat pengumpulan massa yang tak berjarak," jelasnya.

Ia membandingkan persidangan ini dengan sidang kasus Basuki Tjahaja Purnama atau Ahok yang sidangnya akhirnya tidak digelar di PN Jakarta Utara, tetapi gedung lain.

Baca Juga: Pengacara Pastikan Seluruh Keluarga Brigadir J Hadir dan Kawal Persidangan Ferdy Sambo Cs

"Ini imbauan saya. Sudah ada banyak yang mengabarkan kami akan ikut. Kami tak bisa melarang karena azas peradilan pidana terbuka untuk umum," lanjutnya.

Menanggapi pernyataan Martin, Djuyamto berpendapat usulan tersebut akan ditentukan oleh majelis hakim yang memberi masukan kepada pimpinan.

"Terkait dengan usulan agar persidangan terkait massa yang meluap, barangkali majelis hakim tentu akan memberikan masukan kepada pimpinan. Itu barangkali alternatif yang bisa dilakukan," jelasnya.

Djuyamto juga mengungkapkan soal penunjukan Wakil Ketua PN Jaksel Wahyu Iman Santosa sebagai ketua majelis hakim yang akan mengadili persidangan kasus pembunuhan Brigadir J dengan terdakwa Ferdy Sambo cs.

"Untuk perkara utama pembunuhan berencana FS (Ferdy Sambo), RE (Richard Eliezer), RR (Ricky Rizal), KM (Kuat Ma'ruf), PC (Putri Candrawathi), sudah ditunjuk majelis hakimnya. Diketuai langsung oleh Pak Wakil Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Selatan," bebernya.

Baca Juga: 11 Berkas Sambo Cs Diterima PN Jaksel, Sidang Perdana Kasus Sambo Diperkirakan Pekan Depan!


 



Sumber : Kompas TV


BERITA LAINNYA



Close Ads x