Kompas TV olahraga sepak bola

Hasil Indonesia vs Malaysia: Timnas U17 Keok 1-5, Terancam Gagal Lolos Piala Asia

Minggu, 9 Oktober 2022 | 22:21 WIB
hasil-indonesia-vs-malaysia-timnas-u17-keok-1-5-terancam-gagal-lolos-piala-asia
Hasil Kualifikasi Piala Asia U17 2023, Indonesia takluk kepada Malaysia dengan skor 1-5. (Sumber: Twitter @FAM_Malaysia)
Penulis : Rizky L Pratama | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Timnas U17 Indonesia harus menelan kekalahan saat menghadapi Malaysia di laga terakhir Kualifikasi Piala Asia U17 2023.

Timnas U17 yang tampil trengginas di tiga laga sebelumnya, justru malah bermain antiklimaks di laga penentuan di Stadion Pakansari, Bogor, Minggu (9/10/2022) malam. 

Absennya bek Muhammad Iqbal Gwijangge yang merupakan kapten tim, tampaknya membuat lini belakang Indonesia sangat amburadul. 

Kesalahan demi kesalahan dibuat setiap pemain dan mereka harus rela memungut bola 5 kali hanya di babak pertama. 

Lima gol Malaysia itu diciptakan oleh Zainurhakimi Zain (18'), Arami Wafiy (21', 40'-penalti), Anjasmirza Saharudin (24'), Afiq Danish Zulfkifli (28').

Ketinggalan 0-5, Indonesia mencoba untuk bangkit di babak kedua. Namun kurang maksimalnya performa pemain dan solidnya lini belakang Malaysia, membuat tim racikan Bima Sakti sulit untuk mencetak gol. 

Indonesia kemudian sempat mencetak gol hiburan di menit 90+2 lewat kaki Arkhan Kaka yang memanfaatkan bola rebound

Pertandingan Indonesia vs Malaysia di Kualifikasi Piala Asia U17 2023 pun berakhir dengan skor 1-5.

Dengan kekalahan ini, Indonesia mengalami posisi sulit untuk lolos ke Piala Asia U17 2023 Bahrain karena harus bergantung dengan hasil dari tim di grup lain. 

Baca Juga: HT Timnas U17 Indonesia vs Malaysia: Lini Belakang Amburadul, Garuda Asia Tertinggal 0-5

Jalannya Pertandingan Indonesia vs Malaysia

Timnas U17 Indonesia langsung menggebrak sejak awal pertandingan. Mereka mendapat peluang emas ketika laga baru berjalan dua menit.

Menerima umpan mendatar Figo Denis, Arkhan Kaka melepas tendangan keras kaki kanan dari dalam kotak penalti.

Sayangnya, upaya Arkhan Kaka belum membuahkan gol karena bola menerpa mistar gawang.

Lima menit berselang, giliran Muhammad Kafiatur yang mengancam. Namun, sepakan kaki kanan Kafiatur masih bisa ditepis kiper Malaysia, Muhammad Farish Farhan.

Pada menit ke-16, tandukan Arkhan Kaka yang meneruskan umpan Habil Abdillah, masih tepat di pelukan penjaga gawang Malaysia.

Keasyikan menyerang, lini belakang Timnas U17 Indonesia malah lengah. 

Gawang Garuda Asia pun harus bobol lebih dulu lewat kaki Muhammad Zainurhakimi Zain pada menit ke-18.

Hanya berselang dua menit, Malaysia sukses menggandakan keunggulan mereka lewat gol M Arami Wafiy.

Baca Juga: Kualifikasi Piala Asia U17 2023: Iqbal Gwijangge Absen dalam Laga Indonesia vs Malaysia

Ketinggalan 0-2, permainan Indonesia justru malah memburuk. Lini belakang tim racikan Bima Sakti itu juga semakin mudah ditembus oleh Malaysia. 

Pada menit ke-23, striker Malaysia, Muhammad Anjasmirza, mencetak gol untuk membawa negaranya unggul 0-3 atas Indonesia. 

Rapuhnya lini belakang Indonesia membuat Malaysia mampu mencetak gol keempat pada menit ke-27 melalui upaya Muhammad Afiq Danish.

Ketinggalan 0-4, Bima Sakti melakukan pergantian yang cukup telat dengan memasukkan Mohammad Andre menggantikan Femas Aprian Crespo di menit ke-30.

Namun lagi-lagi, kesalahan di lini belakang membuat wasit memberikan penalti kepada Malaysia. Arami Wafiy yang menjadi algojo berhasil menjalankan tugasnya untuk menutup skor di babak pertama 0-5.

Di babak kedua, Bima Sakti melakukan sejumlah perubahan demi mencari gol penyama. 

Namun permainan yang kurang maksimal serta solidnya lini belakang Malaysia membuat Indonesia sulit untuk mencetak gol. 

Bahkan Malaysia masih sering juga mengancam gawang Indonesia melalui serangan balik. 

Indonesia sendiri kemudian mampu mencetak satu gol hiburan di menit 90+3.

Baca Juga: Duel Hidup Mati Kualifikasi Piala Asia U17, Pelatih Malaysia: Indonesia Bagus, tapi Bola itu Bundar!

Arkhan Kaka yang lepas dari penjagaan mampu memanfaatkan bola rebound untuk mengubah skor menjadi 1-5.

Gol Kaka tersebut menjadi yang terakhir di laga ini dan pertandingan pun berakhir dengan skor 1-5 untuk keunggulan Malaysia atas Indonesia. 

Susunan Pemain Timnas U17 Indonesia vs Malaysia

Indonesia (4-3-3): 22-Andrika Fathir (GK); 2-Rizdjar Nurviat, 14-Sulthan Zaky, 15-Femas Aprian Crespo, 20-Habil Abdillah; 7-Figo Denis, 9-Muhammad Kafiatur, 19-Achmad Zidan; 10-Muhammad Nabil Asyura, 11-Riski Afrisal, 8-Arkhan Kaka. 

Cadangan: 1-Ikram Algiffari (GK), Andhika, 3-Irvansyah Afanda, 4-Mohammad Andre,  5-Muhammad Afazriel, 6-Mokhamad Hanif Ramadhan, 13-Azzaky Esa, 16-Muhmad Gaoshirowi, 17-Ji Da Bin, 18-Jehan Pahlevi, 12-Narendra Tegar. 

Pelatih: Bima Sakti

Malaysia (4-3-3): 1-Muhammad Farish Farhan (GK); 2-Muhammad Aiman Yusuf, 3-Muhammad Faris Danish, 4-Adib Ibrahim Adnan, 5-Muhammad Danish Darus; 6-M. Afiq Danish, 7-M. Arami Wafiy, 8-Muhammad Afiq Danish; 10-Muhammad Danish Iskandar, 12-Muhammad Anjasmirza, 17-Muhammad Zainurhakimi Zain

Cadangan: 22-Muhammad Aliff Aiman (GK), 23-Muhammad Syazrul Haziq (PG), 9-M. Daniel Disa, 11-M. Adam Mikaeel, 13-Mulia Hairi, 14-M. Afiq Hakimi, 15-M. Aqim Hazmi, 16-Ahmad Danial Razali, 19-M. Nabil Fitri, 20-M. Aisy Al-Hakim. 21-M. Qahir Dzakirin

Pelatih: Osmera Bin Omaro. 

Baca Juga: Susunan Pemain Timnas U17 Indonesia vs Malaysia, Bima Sakti Turunkan Tim Terbaik


 


Sumber : Kompas TV

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x