Kompas TV regional viral

Kronologi Polisi Jilat Kue HUT TNI: Pelaku Mengaku Hanya Main-Main, Dipecat, hingga Ajukan Banding

Kompas.tv - 9 Oktober 2022, 15:21 WIB
kronologi-polisi-jilat-kue-hut-tni-pelaku-mengaku-hanya-main-main-dipecat-hingga-ajukan-banding
Dua polisi dari Direktorat Lalu Lintas Polda Papua Barat yang menjilat kue hadiah untuk HUT TNI dan mereka perbuatan tersebut, dipecat pada Jumat (7/10/2022). Mereka mengajukan banding atas putusan tersebut, (Sumber: Tangkapan layar video Kompas TV)
Penulis : Danang Suryo | Editor : Edy A. Putra

JAKARTA, KOMPAS.TV - Niat Kepolisan Daerah Papua Barat menyampaikan ucapan selamat kepada TNI yang tengah merayakan ulang tahun ke-77, lewat kue, akhirnya batal. Pasalnya anggota kepolisian yang membawa kue itu ketahuan menjilat hadiah yang akan diberikan tersebut.

Aksi tersebut terekam oleh salah satu kamera polisi yang berada di dalam mobil yang membawa kue itu. Video itu pun sempat viral di media sosial pada Rabu (5/10/2022) lalu.

Pelaku yang menjilat kue dan yang merekam perbuatan itu rupanya anggota Direktorat Lalu Lintas Polda Papua Barat.

Kepala Bidang Humas Polda Papua Barat Kombes Adam Erwindi menyatakan kue berwarna hijau itu kini telah diamankan sebagai barang bukti untuk memproses kedua polisi tersebut.

Baca Juga: Tampang 4 Oknum Polisi Aniaya Mahasiswa di Maluku Utara, Ini Kronologinya

Atas perbuatan tidak terpuji itu, kedua polisi yang menjilat kue dan merekam aksi tersebut, dijebloskan ke sel Propam Polda Papua Barat.

"Dapat kami pastikan, bahwa kue tersebut tidak diserahkan kepada rekan-rekan di Kodam Kasuari dan sudah diamankan sebagai barang bukti," ucap Kombes Adam, Rabu (5/10/2022).

Adam melanjutkan kedua polantas itu tak memiliki motif khusus dalam melakukan perbuatan tersebut dan mengaku hanya main-main.

Baca Juga: Lemkapi Desak Polri Pecat 3 Polisi di Medan jika Terbukti Terlibat Perampokan Sepeda Motor

"(Motif) gak ada, hanya main-main," terangnya.

Keduanya juga akan dijatuhi sanksi berupa kode etik karena diduga telah melakukan pelanggaran.

"Melanggar kode etik. Nanti kita lihat saat sidang (apa hukumannya)," bebernya.

Kedua Pelaku Dipecat Tidak dengan Hormat

Kepolisian akhirnya memutuskan untuk memecat dua anggota Dirlantas Polda Papua Barat itu secara tidak hormat atas tindakan menjilat kue hadiah untuk TNI dan merekamnya.

Keputusan Pemberhentian Tidak Dengan Hormat (PTDH) tersebut berdasarkan hasil sidang etik yang digelar di Polda Papua Barat pada Jumat (7/10/2022).



Sumber : Kompas TV/Kompas.com/Antara

BERITA LAINNYA



Close Ads x
Verifikasi akun KG Media ID
Verifikasi akun KG Media ID

Periksa kembali dan lengkapi data dirimu.

Data dirimu akan digunakan untuk verifikasi akun ketika kamu membutuhkan bantuan atau ketika ditemukan aktivitas tidak biasa pada akunmu.