Kompas TV internasional kompas dunia

Permintaan Terngiang di Malam sebelum Terbunuh, Balita Ini Berucap, "Aku Ingin Tidur dengan Ibu"

Kompas.tv - 9 Oktober 2022, 01:05 WIB
permintaan-terngiang-di-malam-sebelum-terbunuh-balita-ini-berucap-aku-ingin-tidur-dengan-ibu
Tukta Wongsila berduka bersama ayahnya Saart sambil memegang foto putrinya Siriprapa “Plai Fon” Prasertsuk, salah satu dari banyak korban serangan pembunuhan massal di kota pedesaan Uthai Sawan, timur laut Thailand, Jumat, 7 Oktober 2022. (Sumber: AP Photo/Sakchai Lalit))
Penulis : Edwin Shri Bimo | Editor : Hariyanto Kurniawan

UTHAI SAPAN, KOMPAS.TV — Nama panggilan balita cantik itu Plai Fon. Dalam bahasa Thailand, itu berarti "akhir musim hujan", waktu yang membahagiakan dalam budaya Thailand. Ini adalah penuturan menyayat hati orang tua korban pembantaian di Thailand hari Kamis lalu, seperti laporan Associated Press, Sabtu (8/10/2022).

Dalam satu peristiwa keji di hari nahas yang mengerikan itu, kebahagiaan yang dilambangkan dari nama anak berusia 4 tahun berpipi tembam untuk keluarganya itu hancur berkeping-keping.

Sebagai gantinya adalah penderitaan yang tak terperi atas apa yang terjadi pada Plai Fon dalam pembantaian di pusat penitipan anak Thailand, menyebabkan 36 orang, ditambah si pembunuh menjadi 37 orang, tewas.

Dari jumlah itu, 22 korban tewas adalah balita yang sedang tidur siang di pusat penitipan anak.

"Ketika dia bangun, dia akan berkata, 'Aku mencintaimu ibu, ayah dan kakak laki-lakiku'," tutur lirih Tukta Wongsila, sang ibu yang berusia 28 tahun, mengenang rutinitas pagi putrinya yang kini tiada.

Kesedihan Tukta atas kenangan itu segera membuatnya tercekat dan memandang dengan tatapan kosong.

Sedikitnya 24 dari korban serangan senjata dan pisau hari Kamis (6/10/2022), di timur laut Thailand adalah balita. Dari 24 korban balita, 22 di antaranya tewas penuh luka bacokan.

Baca Juga: Momen Raja Thailand dan Ratu Ketemu Keluarga Korban Penembakan di Daycare

Foto korban penyerangan Siriprapa “Plai Fon” Prasertsuk di atas peti matinya di dalam kuil Wat Rat Samakee di kota pedesaan Uthai Sawan, timur laut Thailand, Sabtu, 8 Oktober 2022. (Sumber: AP Photo/Sakchai Lalit)

Pelakunya adalah Panya Khamrab, pecatan polisi yang baru selesai sidang kriminal karena terlibat narkotika.

Suatu hari setelah hidup yang singkat para balita itu dipadamkan dengan paksa, keluarga mereka yang putus asa menghabiskan berjam-jam di luar kantor administrasi dekat pusat penitipan anak, menunggu jasad anak-anak mereka dilepaskan.

Pihak berwenang mengatakan kepada keluarga untuk berkumpul di kantor sehingga mereka dapat memproses klaim kompensasi dan bertemu dengan perdana menteri. Tapi Tukta tidak peduli dengan formalitas. Dia hanya menginginkan gadis kecilnya kembali.

"Saya ingin mendapatkan putri saya kembali untuk mengadakan upacara (pemakaman) secepat saya bisa," ratapnya, air mata mengalir dari mata merahnya. "Semua uang asuransi ini, saya tidak menginginkannya. Saya hanya ingin dia kembali untuk dimakamkan."

Tukta dan keluarganya tinggal di Uthai Sawan, sebuah kawasan pedesaan di salah satu daerah termiskin di negara itu, tidak jauh dari perbatasan Laos. Seperti banyak penduduk, mereka lama berjuang hidup hampir selalu tidak cukup bahkan untuk membayar tagihan.

Tukta dan suaminya bekerja di sawah keluarga selama musim tanam, menghasilkan sekitar USD2.600 setahun atau sekitar Rp40 juta per tahun, itupun jika mereka beruntung.

Mereka mengambil pekerjaan sambilan di hari libur untuk meningkatkan pendapatan mereka. Pasangan dan anak-anak mereka berbagi rumah dengan ibu mertua Tukta dan ayah mertua yang saat ini terbaring sakit di tempat tidur.

Baca Juga: Balita Selamat dari Pembantaian 24 Anak di Thailand, Berkat Selimut yang Menutupi Kepalanya

Seorang ibu menangis sambil memeluk selimut dan botol susu yang digunakan anaknya sebelum tewas dibunuh Panya Khamrab, di Thailand. Mantan sersan polisi itu menembak pintu kamar tempat anak-anak tidur dan membunuh 22 dari mereka, sebagian besar dengan pisau. (Sumber: AFP via Straits Times)

Pindah ke kota yang lebih besar untuk pekerjaan yang lebih baik tidak mungkin bagi keluarga Tukta, karena mereka perlu membesarkan anak-anak mereka yang masih kecil dan merawat orang tua yang sudah lanjut usia.



Sumber : Associated Press

BERITA LAINNYA



Close Ads x