Kompas TV nasional rumah pemilu

Waketum PKB: Deklarasi Prabowo-Cak Imin Sudah Pasti, Hanya Tinggal Tunggu Hari Baik

Kompas.tv - 7 Oktober 2022, 20:53 WIB
waketum-pkb-deklarasi-prabowo-cak-imin-sudah-pasti-hanya-tinggal-tunggu-hari-baik
Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto (kiri) bersama Ketua Umum Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Muhaimin Iskandar (kanan) melakukan hormat usai melakukan Pendaftaran Partai Politik Calon Peserta Pemilu tahun 2024 di Gedung KPU, Jakarta, Senin (8/8/2022). (Sumber: Kompas.tv/Ant/M Risyal Hidayat)
Penulis : Fadel Prayoga | Editor : Gading Persada

JAKARTA, KOMPAS TV - Wakil Ketua Umum DPP PKB Jazilul Fawaid mengatakan, koalisi Gerindra dan PKB telah sepakat ihwal sosok capres-cawapres yang akan diusung dalam gelaran Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 mendatang. 

Ia menjelaskan, dalam waktu dekat kedua partai akan mendeklarasikan pasangan Prabowo Subianto dan Muhaimin Iskandar atau Cak Imin.

Namun, dirinya belum bisa menjelaskan terkait waktu deklarasi tersebut. 

Baca Juga: Gerindra Sebut Cak Imin Paling Berpotensi Jadi Cawapres Prabowo di Pilpres 2024

“Iya sebenarnya sudah fixed (mengusung Prabowo-Cak Imin), tinggal nunggu hari baik saja hitung-hitungan supaya enak. Daripada nanti deklarasi di saat yang belum tepat. Misalkan saat duka (malah) deklarasi, kan enggak pas,” kata Jazilul kepada wartawan di Gedung DPR, Jakarta, Jumat (7/10/2022). 

Wakil Ketua MPR itu menyebut, sejatinya koalisi Partai Gerindra dengan PKB sudah bisa mengusung Capres dan Cawapres di 2024. 

Sebab sudah memenuhi ambang batas pencalonan presiden. Hanya saja, sampai sekarang kedua partai ini masih menjalin komunikasi dengan parpol lainnya. 

“Belum diumumkan. Komitmennya sudah, sudah ada komitmen akan dibahas berdua. Tetapi belum diumumkan,” katanya.


 

Sebelumnya, Sekjen Partai Gerindra Ahmad Muzani menyebut, Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin merupakan sosok yang paling berpotensi menjadi cawapres dari Prabowo Subianto dalam gelaran Pilpres 2024 mendatang. 

"Yang paling potensial Muhaimin Iskandar karena Pak Muhaimin adalah ketua umum PKB yang sekarang ini menjadi partai koalisi Gerindra dan PKB sehingga Pak Muhaimin adalah cawapres yang paling potensial dipertimbangkan untuk bisa dampingi Pak Prabowo," kata Muzani di Gedung DPR, Jakarta, Rabu (28/9/2022). 

Ia menjelaskan, Cak Imin didorong menjadi cawapres dari Prabowo itu juga merupakan permintaan dari kiai di Magelang. 

Baca Juga: Cak Imin Tegaskan Komitmen Koalisi dengan Gerindra Meski Bertemu Puan Maharani

"Itu juga permintaan para ulama para kiai kemarin kita jumpai di Tegalrejo, Magelang," ujarnya.



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x