Kompas TV entertainment selebriti

Apa Itu Tingjing atau Kalungan? Tradisi Lamaran Adat Tionghoa Jess No Limit dan Sisca Kohl

Kompas.tv - 7 Oktober 2022, 10:40 WIB
apa-itu-tingjing-atau-kalungan-tradisi-lamaran-adat-tionghoa-jess-no-limit-dan-sisca-kohl
Jess No Limit dan Sisca Kohl melakukan tingjing atau kalungan, salah satu tradisi lamaran adat Tionghoa. (Sumber: Instagram)
Penulis : Dian Nita | Editor : Desy Afrianti

JAKARTA, KOMPAS.TV - Pasangan Youtuber Jess No Limit dan Sisca Kohl membagikan momen tingjing atau kalungan, salah satu tradisi lamaran adat Tionghoa.

Momen sakral itu dibagikan Jess No Limit di akun Instagramnya pada Kamis (6/10/2022). Nampak acara tersebut dihadiri oleh anggota keluarga keduanya.

"Kalungan / Tingjing ( ) Mr. & Mrs. No Limit 10 Agustus 2022," tulis pemilik nama asli Tobias Justin tersebut.

Dalam foto-foto yang dibagikan, Sisca Kohl nampak anggun menggunakan gaun berwarna nude. Sementara Jess No Limit juga mengenakan busana warna senada.

Baca Juga: Lamar Sisca Kohl, Jess No Limit Beli Cincin di Singapura yang Harganya Miliaran Rupiah

Di slide lainnya, Jess No Limit terlihat memakaikan kalung berlian ke leher jenjang Sisca sebagai tanda tradisi tingjing.

Apa Itu Tradisi Tingjing atau Kalungan?

Melansir unika.ac.id, Jumat (7/10/2022), tingjing adalah prosesi lamaran adat Tionghoa yang mana calon mempelai pria ke rumah calon mempelai wanita. Acara ini hanya dihadiri oleh keluarga dan kerabat dekat saja.

Tradisi tingjing ini merupakan tahap kedua dari sangjit (seserahan) yang terjadi ketika pihak calon mempelai wanita telah menerima atau menyetujui calon mempelai pria untuk menikah.

Proses tingjing diawali dengan salah satu perwakilan dari keluarga calon mempelai pria akan menyampaikan tujuan kedatangan mereka.

Baca Juga: Ini Alasan Jess No Limit Mantap akan Menikahi Sisca Kohl: Dia itu Orang yang Paling...

Perwakilan ini harus orang yang sudah menikah. Lalu orang tua mempelai wanita akan memberikan izin dan mengizinkan putri mereka untuk memakai simbol yang mengikat.

Pada momen ini, calon mempelai pria akan mengikat calon mempelai wanita dengan lambang berupa kalung yang dipasang dengan bantuan ibu dari calon pengantin pria.

Setelah itu, kedua keluarga memulai pembicaraan mengenai sangjit  atau seserahan, apakah ada permintaan khusus untuk item tertentu dari keluarga calon pengantin atau tidak.

Namun, pada zaman sekarang, proses tingjing umumnya akan dilakukan bersamaan dengan prosesi sangjit untuk menghemat waktu.



Sumber : unika.ac.id

BERITA LAINNYA



Close Ads x