Kompas TV regional berita daerah

Simbol 1312 dan SImbol ACAB Bermunculan Usai Tragedi Kanjuruhan, Ini Artinya!

Kompas.tv - 7 Oktober 2022, 09:42 WIB
Penulis : Kompastv Lampung

KOMPAS.TV - Coretan ACAB dan 1312 menghiasi dinding Stadion Kanjuruhan usai  tragedi yang memilukan 1 Oktober lalu.

ACAB adalah akronim dari "All Cops are Bastards" yang artinya "Semua Polisi adalah Bajingan". Kode ini dipakai untuk mengekspresikan kekecewaan & protes terhadap perilaku tidak etis penegak hukum terutama polisi.

Akronim ACAB banyak dijumpai dalam bentuk tato di tubuh narapidana Inggris Raya. Sebelum mendunia, ACAB populer di penggemar olahraga terutama sepak bola di Inggris

Sementara itu, kode 1312 adalah kode ACAB dalam bentuk numeric yakni 1=A, 3=C, 1=A, 2=B, maka 1312 sama saja dengan ACAB. Munculnya 1312 sebagai alternatif dari larangan penggunaan kode ACAB di beberapa negara.

Lantas bagaimana kode itu bisa terbentuk dan menyebar ke seluruh dunia?

Mengutip dari Gq.com kode ini diyakini pertama kali muncul di Inggris pada abad ke-20. Frasa “All Copers are Bastards” awalnya disingkat menjadi ACAB oleh pekerja-pekerja Inggris yang melakukan aksi mogok pada 1940-an.

Namun ACAB baru diperoleh pengertiannya saat tabloid Inggris, Daily Mirror menjadikannya tajuk utama tahun 1970. Beritanya berisi seorang remaja yang membordir frasa ‘’ACAB’’ di jaketnya  yang mengira itu adalah singkatan dari “All Canadians are Bums” atau “Semua Orang Kanada adalah Gelandangan.”

Remaja itu mengaku membordir ‘’ACAB” setelah melihat atribut club motor Hells Angel ia kemudian didenda sebanyak lima paun.

ACAB makin moncer berkat subkultur punk gerakan ini disebut berjasa menyebarkannya ke seluruh dunia, dari Inggris, Amerika, hingga Indonesia.

Beberapa peristiwa belakangan ini juga membuat slogan ACAB menyeruak Misalnya pada pertengahan 2020, masyarakat Amerika Serikat ramai menyerukan frasa ini usai insiden kematian George Floyd.

Saat itu seorang polisi bernama Derek Chauvin menindih Floyd selama 9 menit, sebelum meninggal dunia.

#1312 #acab #tragedikanjuruhan

 



Sumber : Kompas TV

BERITA LAINNYA



Close Ads x