Kompas TV video sinau

5 Fakta Stadion Kanjuruhan Kebanggaan Aremania, Saksi Bisu Tragedi Kanjuruhan

Jumat, 7 Oktober 2022 | 09:20 WIB

Penulis : Sunbhio Pratama

KOMPAS.TV-Stadion Kanjuruhan tepatnya berada di Jalan Trunojoyo, Krajan, Kedungpedaringan, Kecamatan Kepanjen, Kabupaten Malang.

Stadion tersebut jadi sorotan setelah Tragedi Kanjuruhan 1 Oktober lalu, tercatat ratusan orang meninggal dalam insiden itu.

Berikut deretan fakta tentang Stadion Kanjuruhan yang bisa kita simak:

1.Nama Berasal dari Kerajaan Hindu

Kerajaan Hindu yang dimaksud adalah Kerajaan Kanjuruhan. Bukti mengenai adanya Kerajaan Kanjuruhan terdapat dalam Prasasti Dinoyo, yakni tahun 682 Saka atau tahun 760 Masehi.

2.Kapasitas Stadion

Stadion Kanjuruhan berkapasitas 45.000 orang mencakup tribun ekonomi dan VIP.

3.Fasilitas Standar FIFA

Stadion Kanjuruhan dilengkapi dengan sistem lampu sorot flood-light dengan daya 320 kiloWatt dan kuat penerangan rata-rata 1200 lux sesuai standar FIFA.

4.Markas Arema FC

Setelah Stadion Kanjuruhan resmi berdiri, klub liga 1 Arema FC kemudian  pindah kandang dari sebelumnya Stadion Gajayana Malang.

5.Patung Singa Raksasa

Patung dibuat oleh seniman asal Yogyakarta, Timbul Raharjo terbuat dari bahan alumunium dengan konsep kubisme realis dan memiliki tinggi sekitar 7 meter.

Baca Juga: Momen Ketum PSSI Iwan Bule Berdoa di Depan Pintu Stadion Kanjuruhan

Editor Video & Grafis: Joshua Victor 


Sumber : Diolah dari berbagai sumber

Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.
Laporkan Komentar
Terima kasih. Kami sudah menerima laporan Anda. Kami akan menghapus komentar yang bertentangan dengan Panduan Komunitas dan UU ITE.


BERITA LAINNYA


Close Ads x